UNS Mengajar, Dosen Fakultas Teknik 'Turun Gunung' Ke Masyarakat

Pendidikan  RABU, 04 MARET 2020 , 15:53:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

UNS Mengajar,  Dosen Fakultas Teknik  'Turun Gunung'  Ke Masyarakat
RMOLJateng. Dalam rangka Dies Natalis ke-44, UNS Komitmen lakukan Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Natalis ke-44, UNS menggelar rangkaian kegiatan dengan tema `Akselerasi Reorientasi Pembelajaran 4.0 Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa`.

Salah satu program dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 44 ini, UNS akan menerjunkan dosen, mahasiswa dan alumni dalam kegiatan UNS Mengajar Indonesia.

Salah satunya adalah Arif Setyawan, Dosen Fakultas Teknik UNS yang 'turun gunung' dalam program UNS mengajar.
Arif menyebut pemilihan lokasi di SMKN 2  Sukoharjo karena ingin berbagi ilmu, sharing ilmu dengan para siswa.

Karena fungsi pendidik tidak hanya menyampaikan pelajaran namun juga memberikan motivasi kepada pelajar untuk terus memiliki semangat dalam belajar.
Karena semua tim berasal dari Tehnik Sipil maka kami perkenalkan  apa ilmu Teknik Sipil dan jenis  bidangnya apa saja.

Agar wawasan para siswa terbuka untuk terus belajar baik secara formal dan informal, karena pendidikan jaman sekarang juga merdeka (bebas).
"Kami kenalkan khususnya di SMK jurusan teknik bangunanan terkait KKNI (kerangka kualifikasi nasional Indonesia) tentang ahli teknik bangunan," jelasnya kepada RMOLJateng, Rabu (4/3).

Ari Setyawan, menyebut berharap program UNS mengajar akan menjadi program berkelanjutan dan digelar terus menerus. Pasalnya program tersebut bisa menjadi ajang bagi para mahasiswa, dosen juga alumni UNS untuk lebih dekat dan mengabdi kepada masyarakat.

"Kami berharap ini akan terus berlanjut sebagai ajang pengabdian nyata kami kepada masyarakat," tegasnya.

Sebelumnya penanggungjawab UNS Mengajar Indonesia, Dr. Djono mengatakan, UNS Mengajar Indonesia adalah kegiatan mengajar yang dilakukan oleh semua dosen berjumlah 1.600. Juga  mahasiswa UNS yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebanyak 1.700 mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) serta alumni yang tersebar di seluruh Nusantara bekerjasama dengan IKA UNS.[dit]



Komentar Pembaca