Manfaat Empon-empon Jamu Untuk Menangkal Virus Corona

Harga Jahe Merangkak Naik

Nusantara  SELASA, 03 MARET 2020 , 16:22:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Manfaat Empon-empon Jamu Untuk Menangkal Virus Corona
RMOLJateng. Disebut sebagai penangkal virus corona, sejumlah empon-empon jamu, seperti jahe, temulawak, kunyit, kencur, kayu manis dan sejenisnya, mulai diburu masyarakat.

Akibatnya harga di pasaran mulai naik. Seperti yang terjadi di Pasar Nguter, Sukoharjo yang menjadi sentra jamu dan rempah rempah.
 
"Permintaan mulai banyak. Apa ini terimbas virus corona atau karena cuaca tidak tahu, tapi harganya mulai naik,” kata Ruwi, pedagang jamu ‘Puntadewa’ di Pasar Jamu Nguter, Sukoharjo, Selasa (3/3/2020).
 
Sebelumnya, untuk Jahe biasa harganya Rp 20 ribu kini menlonjak Rp 40 ribu, untuk jahe merah dari harga Rp 40 ribu menjadi Rp 60 ribu.

Temulawak dari harga Rp 5-8 ribu menjadi Rp 10 ribu. Lalu kayu manis dari Rp 40 menjadi Rp 60 ribu dan kencur dari Rp 20 ribu menjadi Rp 60 ribu.
 
Yang melonjak naik ya temulawak, jahe merah dan kencur bisa dua kali lipat. Kalau lainnya stabil,” kata Ruwi.
 
Ditambahkan Ruwi, selama ini permintaan empon-empon banyak dari luar kota, ia mengaku belum menyetok dagangan banyak, karena memang saat ini stok masih minim.
 
Hal serupa disampaikan Marjoko, pedagang lain di Pasar Nguter, yang mengatakan kenaikan harga mulai terjadi dua minggu lalu.
 
"Kenaikan harga jahe ini karena banyaknya permintaan dari pembeli. Sedangkan bahan-bahan yang disuplai mengalami pengurangan," kata Marjoko.
 
Diketahui banyak beredar informasi bahwa sejumlah empon-empon disebut-sebut dapat menangkal virus corona yang mematikan ini.  Dikarenakan kandungan di dalamnya dapat menguatkan sistem imun tubuh sehingga tidak mudah terinfeksi oleh bakteri atau virus.
 
Secara medis, dr Yunia Wahdiyati, Kepala DKK Sukoharjo menyampaikan kalau secara umum jamu atau rempah-rempah, bisa meningkatkan imunitas tubuh.
 
"Empon-empon jamu memang punya khasiat sebagai anti oksidan dan dapat meningkatkan imunitas tubuh. Asalkan diminum secara teratur,” tandas dr Yunia. [jie]





Komentar Pembaca