PWI-AJI Sepakat Kecam Wartawan Abal-Abal

Daerah  SABTU, 29 FEBRUARI 2020 , 15:49:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

PWI-AJI Sepakat Kecam Wartawan Abal-Abal
RMOLJateng. Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta dan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Solo sepakat mengecam keras praktik-praktik penyimpangan profesi wartawan yang akhir-akhir ini marak di kawasan Soloraya.

Hal itu diungkapkan menyusul masih maraknya kasus permintaan uang oleh orang-orang yang mengaku-ngaku sebagai awak media atau pers.

"Maraknya penyimpangan profesi wartawan itu sangat memprihatinkan. Terakhir baru saja kasus di Sragen yang berurusan dengan sebuah sekolah. Lalu di Sukoharjo yang mengancam lurah, di Solo, Klaten dan daerah lainnya juga pernah ada kasus. Kalau merasa dirugikan atau terancam, jangan takut lapor ke aparat kepolisian," tandas Ketua PWI Surakarta, Anas Syahirul, Sabtu (29/2/2020).

PWI juga siap melakukan edukasi pada masyarakat, khususnya bagi pemerintah daerah atau instansi di Solo Raya, untuk tidak takut atas ancaman atau gertakan yang dilakukan wartawan abal-abal.

Hal senada disampaikan Ketua AJI Solo, Adib M Asfar. Menurutnya, publik harus tahu bahwa praktik meminta uang dan sejenisnya tidak pernah dilakukan oleh jurnalis/wartawan profesional.

Ini karena jurnalis/wartawan profesional dalam menjalankan tugas berpegang pada aturan dalam Undang-Undang No. 40/1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

"Merespons hal tersebut, AJI Surakarta menyatakan sikap, mengecam praktik-praktik permintaan uang oleh pihak-pihak yang mengaku-ngaku sebagai wartawan alias wartawan abal-abal. Dan mengimbau masyarakat untuk tidak merespons permintaan uang atau apapun selain informasi oleh orang yang mengaku wartawan/pers," tandasnya. [hen]



Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang