Pendaftaran Pengawas Di 1.028 Desa/Kelurahan Diperpanjang

Politik  SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 09:33:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Pendaftaran Pengawas Di 1.028 Desa/Kelurahan Diperpanjang
RMOLJateng. Masa pendaftaran seleksi Pengawas Desa/Kelurahan yang ada di 1.028 desa/kelurahan di Jawa Tengah diperpanjang.

Perpanjangan pendaftaran ini lantaran jumlah pendaftar rata-rata baru satu orang saja. Selain itu ada juga kelurahan yang belum ada pendaftarnya.

Koordinator SDM Bawaslu Provinsi Jawa Tengah, Sri Sumanta, mengatakan Bawaslu Jateng merekrut 5.219 orang pengawas kelurahan yang tersebar di 21 kabupaten/kota yang menggelar pilkada 2020.

Dari jumlah itu, pendaftar yang memenuhi kuota sebanyak 4.191 desa/kelurahan.

"Adapun yang di 1.028 kelurahan, jumlah pendaftar belum memenuhi syarat dua kali dari kebutuhan. Makanya khusus di 1.028 Kelurahan ini ada perpanjangan masa pendaftaran pengawas kelurahan," kata Sumanta, Senin (24/2).

Sumanta menambahkan dari 21 kabupaten/kota yang menggelar Pilkada 2020, yang jumlah pendaftaran sudah memenuhi kuota hanyalah Kota Magelang.

Tapi, masa pendaftaran yang diperpanjang ini hanya desa/kelurahan yang jumlah pendaftaran belum minimal dua kali dari yang dibutuhkan.

"Sesuai dengan ketentuan, jumlah pendaftar harus dua kali dari jumlah kebutuhan. Nantinya, akan dipilih dan dilantik satu orang pengawas untuk setiap desa/kelurahan di kabupaten/kota yang menggelar pilkada 2020," terang dia.

Jumlah desa/kelurahan yang masa pendaftaran diperpanjang sangat bervariasi. Misalnya di Kebumen,  Purworejo, Wonosobo, Blora, Purbalingga, Kabupaten Pekalongan, Boyolali, Kendal, Kota Semarang, Kota Surakarta dan lainnya.

Sumanta mengatakan, pengumuman perpanjangan masa pendaftaran akan dilakukan pada 25 Februari 2020. Penerimaan berkas pendaftaran masa perpanjangan dilakukan pada 27 Februari hingga 4 Maret 2020.

"Penerimaan berkas pendaftaran pada jam kerja pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Berkas pendaftaran bisa diunduh di website Bawaslu kabupaten/kota di Jawa Tengah atau tersedia di kantor Panwascam masing-masing kecamatan," tutupnya. [jie]

Komentar Pembaca