SMA Batik 1 Solo Gunakan Aplikasi GoPay Untuk Pembayaran SPP

Pendidikan  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 , 15:18:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

SMA Batik 1 Solo Gunakan Aplikasi GoPay Untuk Pembayaran SPP
RMOLJateng. Aplikasi Gojek saat ini bukan hanya digunakan sebagai mengantar penumpang, mengantar pesanan makanan.  Namun saat ini dengan aplikasi GoPay bisa  berfungsi untuk melakukan pembayaran SPP di sekolah.

Salah satu SMA di kota Solo yang sudah mulai menerapkan sistem pembayaran online dengan menggunakan aplikasi Gopay adalah SMA Batik 1 Surakarta. Dimana sejak bulan Oktober 2019 lalu sudah menerapkan sistem tersebut.

Kepala Sekolah SMA Batik 1 Sutana, sampaikan jika pembayaran sistem online yang mulai diterapkan tujuannya untuk  membuat semuanya lebih tertata untuk pendataan dan anak-anak lebih fokus untuk  pembayarannya sehingga memudahkan untuk proses belajar mengajar di sekolah ini.

Disebutkan juga SMA Batik 1 sudah menerapkan sistem digitalisasi pendidikan. Termasuk dengan pembayaran (SPP) juga  sudah bekerja sama dengan pihak ketiga untuk pembayaran online.

Tujuannya agar  membuat anak bisa lebih tertib dan lebih mudah untuk melakukan pembayaran.

"Sudah 4-5 bulan ini  kami uji coba dengan menggunakan GoPay. Namun masih sedikit yang menggunakan fasilitas tersebut,   masih di bawah 40%,  tetapi kami optimis bahwa ini bisa berlangsung dengan baik," jelasnya kepada media, Selasa (18/2).

Meski sudah menerapkan sistem pembayaran SPP dengan menggunakan online, namun pihaknya juga masih membuka pembayaran SPP dengan cara cash.

"Kami hanya memfasilitasi anak-anak untuk selain pembayaran cash tunai di sekolah kami juga menggunakan online," imbuhnya.

Dalam pelaksanaanya, Sutana tidak menampik jika ada kendala dalam prosesnya. Salah satunya adalah banyak orang tua murid belum merasa terbiasa dengan online. 

Mungkin bagi anak-anak sudah sangat terbiasa, padahal yang lebih banyak bayar online  adalah orang tua.

"Kami optimis bahwa dengan proses ini,  kami menjadi semangat bahwa online menjadi upaya kami untuk memudahkan proses pembayaran di sekolah ini. Cukup dengan HP lebih mudah untuk proses pembayarannya," pungkasnya. [jie]

 






Komentar Pembaca