580 Orang Penderes Nira Kelapa Ikuti BPJS Ketenagakerjaan

Daerah  SELASA, 18 FEBRUARI 2020 , 11:15:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

580 Orang Penderes Nira Kelapa Ikuti BPJS Ketenagakerjaan
RMOLJateng. Sekitar 580 penderes nira kelapa di Purbalingga kini bisa lega dalam menjalankan aktivitas.

PT Navil Natural Cabang Purbalingga menjadi salah satu dari 13 industri gula di Kabupaten Purbalingga yang memfasilitasi program BPJS Ketenagakerjaan untuk para penderes gula kelapa.
 
"Catatan dari Dinpertan ada 13 perusahaan yang menangani gula kelapa di Purbalingga, Mudah-mudahan yang lain bisa sadar seperti yang sudah dilakukan oleh PT Navil Natural," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Perintis (KCP) Purbalingga, Gunadi Heri Urando pada Sosialisasi Program BPJS Ketenagakerjaan Bagi Pengepul Gula Kelapa dan Penyerahan Kartu Kepesertaan Petani Penderes, Selasa (18/2).
 
Selain dari pihak perusahaan atau pengepul gula kelapa, ia berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga juga ikut serta dalam mendorong penderes di Purbalingga agar tercover BPJS Ketenagakerjaan.

Menurutnya, hal ini bisa dilakukan melalui Surat Edaran (SE) Bupati Purbalingga yang meminta agar koperasi, BUMDes, perusahaan gula kelapa dapat memberikan perlindungan kepada penderes melalui keikutsertaaannya dalam BPJS Ketenagakerjaaan.
 
Sekretaris Dinas Tenaga Kerja Purbalingga, Tukimin secara regulasi diharapkan semua orang yang bekerja terlindungi BPJS Ketenagakerjaan.

Artinya apbila terjadi musibah yang menimpa saat bekerja, para pekerja dapat terlindungi.
 
"Namun saat ini lebih diutamakan ataupun secara regulasi memang kita menekankan pada pekerja yang mempunyai hubungan kerja bagaimana meningkatkan kesadaran dari pimpinan perusahan untuk dapat melindungi tenaga kerjanya dengan program BPJS Ketenagakerjaan," katanya.
 
Kabid Perkebunan dan Holtikultura pada Dinas Pertanian Kabupaten Purbalingga Supriyanto mengapresiasi kemitraan yang dilakukan PT Navil Natural dengan BPJS Ketenagakerjaan.

Kemitraan yang dilakukan oleh PT Navil Natural langsung menyasar pelaku utama atau penderes gula kelapa.
 
"Mereka kan pekerja yang beresiko tinggi, dengan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan para penderes apabilaketika mengalami musibah seperti kecelakaan kerja mereka akan mendapatkan jaminan atau perlindungan," katanya.

Purwantoro, Kepala PT Navil Natural Cabang Purbalingga mengatakan saat ini pihaknya telah memfasilitasi 580 penderes dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Ia menjelaskan saat ini PT Navil Natural Cabang Purbalingga melakukan pembinaan dan mengepul gula kelapa dari para penderes yang tersebar di 15 desa di empat kecamatan.
 
PT Navil Natural perusahaan yang bergerak di bidang industri gula kelapa yang sudah mengekspor gula kelapa khususnya dari Purbalingga ke Eropa dan Amerika.

Ia menjelaskan untuk gula kelapa yang diekspor PT Navil Natural rata-rata perbulan mencapai 140 ton gula kelapa tergantung cuaca. [hen]

Komentar Pembaca