Tembus Harga Rp14 Ribu, Disdag Kendal Gelar OP Gula Pasir

Ekonomi  JUM'AT, 14 FEBRUARI 2020 , 18:18:00 WIB | LAPORAN: RENDRAS CAVA

Tembus Harga Rp14 Ribu, Disdag Kendal Gelar OP Gula Pasir
RMOLJateng. Hampir sebulan terakhir, stok gula pasir di sejumlah pasar di wilayah Kendal mengalami kekurangan.

Harga gula pasir pun mengalami kenaikan akibat permintaan masyarakat tinggi.
Harga gula kristal tersebut sekarang dijual Rp 14 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp12 ribu per kilogram atau mengalami kenaikan Rp 2 ribu per kilogramnya.

Kondisi tersebut membuat Dinas Perdagangan Kendal langsung bertindak dengan menggelar operasi pasar di pasar Cepiring, Jumat (14/2).

Dalam operasi pasar kali ini, Dinas Perdagangan Kendal menggandeng PT Industri Gula Nusantara (IGN) Cepiring dalam operasi pasar untuk menekan kenaikan harga gula pasir.

Gula hasil produksi PT IGN Cepiring dijual dibawah harga pasaran yakni Rp10.500 per kilogram.

Kabid Perdagangan Dinas Perdagangan Kendal, Abdul Aziz, mengatakan, kenaikan harga gula pasir sudah terjadi dalam beberapa pekan terakhir. Sebelumnya harga gula Rp 12 ribu per kilogram kini naik menjadi Rp14 ribu per kilogramnya.

"Melihat kondisi seperti ini, perlu dilakukan operasi pasar untuk menekan harga gula agar tidak semakin melambung," katanya.
 
Aziz menambahkan kenaikan harga gula dipasaran ditengarai pasokan gula pasir yang semakin menipis. Pasokan gula mulai menipis sejak pertengahan Januari.

"Hampir satu bulan ini harga gula pasir terus merangkak naik. Karena itu kami bekerjasama dengan PT IGN Cepiring untuk melakukan operasi pasar," tambahnya.

Direktur PT IGN Cepiring, M. Burhan Murtaki mengatakan, ada sebanyak empat lokasi yang dijadikan untuk operasi pasar ini. Diantaranya pasar Kendal, Pasar Cepiring, Pasar Kaliwungu dan Pasar Weleri.

"Jumlah yang kami sediakan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan masyarakat," katanya.

Salah satu warga, Suratmi mengaku sangat senang dengan adanya operasi pasar seperti ini. Sebab sangat membantu masyarakat, melihat kondisi harga gula di pasar meningkat.

"Senang sekali. Semoga pemerintah sering melakukan kegiatan operasi pasar seperti ini dengan menyediakan sembako sesuai yang dibutuhkan masyarakat. Setidaknya kami merasa terbantu dengan dijualnya gula pasir murah ini," ujarnya. [hen]


Komentar Pembaca