Dua ASN di Kudus Dipecat, Dua Lainnya Turun Pangkat

Pemerintahan  KAMIS, 13 FEBRUARI 2020 , 15:35:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Dua ASN di Kudus Dipecat, Dua Lainnya Turun Pangkat
RMOLJateng. Sanksi tegas diberikan terhadap empat aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kudus. Dua di antaranya bahkan dipecat. Sedangkan dua lainnya diturunkan pangkatnya.

Sanksi itu diberikan karena mereka dinilai melakukan tindakan indisipliner. Selain itu juga mendasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang Peraturan Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Surat Keputusan (SK) Kemendagri.

"SK pemecatan dan penurunan pangkat itu baru turun. Kita sayangkan harus ada hukuman seperti ini," kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kudus Catur Widiyatno, Kamis (13/2).

Dua ASN yang dipecat yaitu berinisial AS dan WN. Berdasarkan keputusan Pengadilan Tipikor Semarang, AS terbukti melakukan suap jual beli jabatan. Sedangkan WN mangkir kerja lebih dari 100 hari.

Kemudian, dua ASN yang diturunkan pangktanya masing-masing AA dan SR. Mereka disanksi karena terlibat pernikahan siri. AA diturunkan dari golongan IVC ke IVB. Sedangkan SR dari IIID ke IIIC.

Catur menambahkan, selain empat ASN itu, pihaknya kini juga telah mengajukan dua ASN lain  ke Kemendagri, untuk mendapatkan sanksi seruap.

"Empat sudah turun SK-nya. Dua lainnya masih proses di Kemendagri," pungkasnya[dit]

Komentar Pembaca