Diterima Audiensi, Penambang Bumiharjo Jepara Diminta Urus Perizinan

Daerah  RABU, 12 FEBRUARI 2020 , 15:54:00 WIB | LAPORAN:

Diterima Audiensi, Penambang Bumiharjo Jepara Diminta Urus Perizinan
RMOLJateng. Ratusan pekerja tambang dari Desa Bumiharjo, Kecamatan Keling, Jepara yang berunjuk rasa di DPRD Jepara, akhirnya diterima untuk audiensi dengan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jepara.

Hasilnya, mereka diminta mengurus perizinan tambang. Hal itu sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi.

Ketua DPRD Jepara, Imam Zusdi Ghozali menegaskan, keberadaan tambang ilegal harus ditutup. Termasuk milik warga Desa Bumiharjo meskipun aktivitasnya dilakukan sudah turun temurun dan secara manual, tanpa alat berat.

"Tambang-tambang ilegal harus ditutup. Nanti dikira Forkopimda membiarkan. Artinya ini bukan keputusan sepihak," katanya saat menerima audiensi dengan perwakilan pengunjuk rasa di ruang kerjanya, Rabu (12/2) siang.

Oleh karena itu, agar aktivitas tambang dan roda perekonomian warga tetap berjalan, pihaknya meminta warga membuat surat dan melakukan pengajuan izin terlebih dahulu.

"Ajukan izin, bisa melalui BUMDes. Nanti kami akan rekomendasikan," paparnya.

Ketua Kejaksaan Negeri Jepara, Saiful Bahri menambahkan, solusi terkait penambagan oleh warga, memang harus mengajukan izin terlebih dahulu.

Misalnya, dengan membuat korporasi atau koperasi terlebih dahulu. Solusi lain, jika memungkinkan bisa kerja sama dengan Perhutani sebab selama ini lahan Perhutani dilewati aktivitas tambang.

"Sementara mengurus izin dan masyarakat di sana tetap ada penghasilan, bisa kerja sama dengan mengelola hutan atau yang lainnya," kata Bahri.

Diketahui, sekitar 150 pelaku penambangan dari Desa Bumiharjo melakukan unjuk rasa di DPRD Jepara. Mereka datang menggunakan 30 unit dump truk serta membawa sejumlah atribut. Mereka menuntut agar aktivitas tambang yang sudah turun temurun dilakukan agar tidak ditutup. [hen]

Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Pemberkatan Pernikahan di Gereja Golden Gate Community Church (G2CC) Semarang