Musthofa Usulkan Kenaikan Dana Bagi Hasil Cukai ke Menteri Keuangan

Ekonomi  SENIN, 10 FEBRUARI 2020 , 19:14:00 WIB | LAPORAN:

Musthofa Usulkan Kenaikan Dana Bagi Hasil Cukai ke Menteri Keuangan
RMOLJateng. Dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCT) dari pemerintah pusat, diusulkan naik oleh anggota DPR/MPR RI Fraksi PDI Perjuangan Musthofa. Salah satu upaya yang dilakukan yakni telah menyampaikannya kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Saya minta Menteri Keuangan agar komposisi dan PMK cukai agar dirubah. Saya bilang saya akan detailkan betul dana cukai dari dan oleh wilayah harus berkeadilan," katanya di sela kunjungannya di SMA 1 Gebog Kudus, Senin (10/2).

Pria yang merupakan mantan Bupati Kudus 2008-2018 ini mengatakan, dengan adanya usulan penambahan dana dari DBHCT, dinilai akan memberikan keadilan pendapatan yang didapatkan dari sektor tembakau itu.

Selain menteri, pihaknya juga sudah sempat menghubungi pemerintah daerah. Hal itu ihwal dengan kebutuhan yang bersumber dari dana hasil tembakau itu. Sehingga, seluruh DBHCT yang diterima dapat dipakai secara maksimal.

Ditambahkan, jika dana yang bersumber dari DBHCT mengalami kenaikan. Akan berdampak pada daerah yang ada di Indonesia. Terutama seperti di Kudus.

"Kemarin saya sudah rapat bersama dengan panitia kerja. Mudah mudahan segara dan saya akan kejar," pungkasnya.

Diketahui, pendapatan yang berasal dari sektor tembakau mencapai Rp 35 triliun pertahun. Dana itu diberikan kepada pemerintah pusat. Dari dana sebesar itu, masing-masing provinsi di Indonesia rata-rata mendapatkan dana bagi hasil sekitar Rp 1 triliun[dit]

Komentar Pembaca
RMOL World View • Menjaga Gawang Pertahanan Indonesia
BINCANG SEHAT • Memandang Pandemi Dari Kacamata Relawan
Saat-saat HRS Dipindahkan

Saat-saat HRS Dipindahkan

KAMIS, 14 JANUARI 2021 , 21:15:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

Gelar Perkara Kasus Pembunuhan Wanita Di Semarang

JUM'AT, 20 NOVEMBER 2020 , 13:44:00