Kadin Jateng Paradigma Baru Siap Kembangkan UMKM

Ekonomi  SENIN, 10 FEBRUARI 2020 , 09:58:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Kadin Jateng Paradigma Baru Siap Kembangkan UMKM
RMOLJateng. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan perhatian khusus kepada Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa tengah Paradigma Baru yang dipimpin Ali Abdul Rohman.

Ganjar mengapresiasi upaya Kadin Jateng untuk meningkatkan kualitas pelaku Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ganjar merasa, pihaknya dapat bekerja sama dengan Kadin Jateng untuk mewujudkan hal tersebut. Terlebih, menurutnya banyak sekali potensi dan cara milenial dalam mengembangkam usaha.

"Sepemahaman dengan kami. Kami sudah berupaya membuat Hetero Space dengan menggandeng banyak pihak. Mudah-mudahan, pengusaha mikro bisa naik kelas ke kecil, dari kecil ke menengah," kata dia, Minggu (9/2) malam.

Ganjar memberikan tugas kepada Ali untuk melakukan pendataan secara akurat mengenai jumlah pelaku UMKM, mulai dari sektor, kondisi, lokasi. Data tersebut nantinya dapat digunakan untuk melakukan pemetaan dan menyusun kebijakan.

Selain itu, Ganjar juga mengajak Kadin Jateng untuk mengadakan pertemuan rutin. Dalam pertemuan tersebut, Ganhar menginginkan adanya bahasan mengenai kondisi industri dan perdagangan secara aktual.

"Karena ini berangkat dari para pelaku, Kadin punya sensitivitas yang baik untuk identifikasi. Seperti kasus corona saat ini, bagaimana kondisi ketergantungan kita terhadap ekspor dan impor. Misalnya bawang putih sekarang yang masih impor dari Cina," tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum Kadin Jateng, Ali Abdul Rohman mengaku, akan menindaklanjuti terkait arahan dari gubernur.

Bagi dia, tidak bisa menunggu terlalu lama untuk mewujudkan upaya demi kemajuan bersama. Menurut Ali, pelaku UMKM perlu mendapat perhatian lebih dari banyak kalangan.

"Akan langsung kami tindak lanjuti. Demi kemajuan bersama, harus kita lakukan yang terbaik,"katanya.

Disinggung terkait ajakan Ganjar agar Kadin turut menggunakan Hetero Space, Ali, mengaku siap berkolaborasi.

"Ya kami siap saja. Tadi beliau sendiri yang mengajak kami untuk ke sana. Maka kita akan turut berkolaborasi dan memberikan yang terbaik," pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca