Kirab Budaya Akan Warnai Prosesi Ganti Luwur Khaul Abah Syeikh Muhammad Saeful Anwar Zuhri Rosy

Budaya  MINGGU, 09 FEBRUARI 2020 , 13:34:00 WIB | LAPORAN: IMAM RAHMAYADI

Kirab Budaya Akan Warnai Prosesi Ganti Luwur Khaul Abah Syeikh Muhammad Saeful Anwar Zuhri Rosy
RMOLJateng. Kirab budaya akan mewarnai prosesi ganti Luwur (ganti kelambu) di makam Abah Syeikh Muhammad Saeful Anwar Zuhri Rosyid di Ponpes Salafiyah, Az Zuhri di Jalan Ketileng Raya, Semarang sebagai puncak Khaul VII pada Selasa (11/2/2020) mendatang.

Koordinator media center Ponpes Salafiyah Az Zuhri, Mulyono mengungkapkan, prosesi kirab budaya nantinya akan dipimpin langsung oleh Mas Ton dari teater Lingkar Semarang sebelum puncak haul yang berlangsung di dalam masjid Baitul Hidayah.

"Jadi sebelum acara puncak haul ada kirab budaya yang dimulai dari rumah Abah Syeikh Muhammad Saeful Anwar Zuhri Rosyid menuju pondok pesantren. Bawa gunungan yang berisi palawija yang dibawa oleh para penari. Nantinya akan diperebutkan," ungkap Mulyono Kepada sejumlah wartawan, Minggu (9/2/2020).

Mulyono menambahkan, dari diskripsi kirab yang disampaikan mas Ton menyebutkan, kirab dan tari yang akan dibawakan oleh 77 orang ini menggambarkan tentang kemakmuran pesantren dan masyarakat sekitar, serta menyingkirkan keangkaramurkaan.

"Kegiatan ini sebagai momentum untuk santri dalam meneladani Abah Syeikh yang sangat dikenal senantiasa merangkul semua kalangan tanpa membeda-bedakan," imbuhnya.

Khaul Abah Syeikh juga bakal dihadiri oleh Menteri, Gubernur Jawa Tengah, Pangdam IV/Diponegoro, Kapolda Jateng, Wali kota Semarang, sejumlah tokoh-tokoh ormas Islam dan tokoh lintas agama. [jie]






Komentar Pembaca