Dua Galian C Ilegal Di Donorojo Jepara Dipastikan Ditutup

Daerah  SABTU, 01 FEBRUARI 2020 , 10:22:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Dua Galian C Ilegal Di Donorojo Jepara Dipastikan Ditutup
RMOLJateng. Sebanyak dua lokasi Galian C ilegal di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara akan ditutup permanen. Kesepakatan itu dicapai setelah diadakannya rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jepara.

"Dua lokasi yang pasti kami tutup berada di Desa Tulakan dan Desa Bandungharjo,  Kecamatan Donorojo," kata Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Jepara Imam Zusdi Ghozali, Sabtu (31/1).

Diterangkannya, di kedua desa itu lokasi penambangan galian C ilegal bersinggungan dengan lahan Perhutani. Di Tulakan misalnya, lahan Perhutani digunakan untuk akses masuk alat berat dan mobilitas truk dump.

Penutupan permanen dilakukan dengan cara membongkar jembatan bersama oleh unsur Satpol PP, Polres dan Kodim.

Sementara lokasi tambang galian C di Desa Bandungharjo akan ditutup paksa karena lokasi berada di existing tanah Perhutani, atau Kawasan Perlindungan Setempat (KPS).

"Kami dari Forkopinda mendukung penuh penutupan tambang galian C tak berizin di kedua lokasi tersebut. Kami juga sepakat akan melaksanakan penegakan hukum bagi pelanggar atas rusaknya lingkungan di daerah," tegas Imam. [jie]





Komentar Pembaca