Alat Berat Dan Truk Galian C Ilegal Disita

Daerah  SELASA, 28 JANUARI 2020 , 00:21:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Alat Berat Dan Truk Galian C Ilegal Disita
RMOLJateng. Sejumlah alat berat dan truk yang beraktivitas di lokasi tambang galian C di Desa Bungu Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara, disita petugas.

Selain tak berizin, tambang galian C yang ada di lereng Gunung Muria itu dikhawatirkan juga memicu banjir dan tanah longsor.

Penyitaan ini dilakukan saat sidak galian C yang dilakukan Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Jepara Dian Kristiandi, Kapolres Jepara AKBP Nugroho Tri Nuryanto dan sejumlah pimpinan dinas terkait, Senin (27/1).

Ada empat titik tambang galian C yang disidak. Di antaranya di Dukuh Gondang dan Dukuh Beji Desa Bungu.

Sarana tambang galian C yang diamankan di antaranya dua buah alat berat dan dua buah truk dump pengangkut material batu.

Polisi juga langsung memberikan police line di area tambang galian C yang ada di Dukuh Beji.

Kapolres Jepara, AKBP Nugroho Tri Nuryanto mengatakan, telah mengambil tindakan tegas karena disinyalir tambang galian C tersebut tidak memiliki izin.

Dengan penindakan ini, diharapkan ada efek jera agar tidak ada lagi tambang ilegal di Jepara.

"Ini jelas menyalahi aturan. Selain alat berat dan truk dump, kita juga amankan pekerja untuk kita mintai keterangan," kata Nugroho usai sidak.

Sementara itu, Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi menyarankan agar para pemilik tambang segera mengurus perizinan.

Dengan begitu diketahui tempat-tempat yang direkomendasikan untuk ditambang. Pemkab tentu akan mendukung jika proses dan mekanisme dilalui.

Masyarakat harus memahami jika terjadi kerusakan lingkungan maka generasi penerus kita yang akan merasakan dampaknya. Banjir dan longsor misalnya tidak dapat dipungkiri salah satunya terjadi akibat dari aktivitas ini. Pohon yang harusnya bisa menampung air, karena aktivitas ini  sehingga air bablas dan menyebabkan longsor dan banjir,” sesalnya. [hen]

Komentar Pembaca