Ganjar Minta Eks Keraton Agung Sejagat Dijadikan Destinasi Wisata

Nusantara  SELASA, 21 JANUARI 2020 , 22:47:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Ganjar Minta Eks Keraton Agung Sejagat Dijadikan Destinasi Wisata

Ganjar Pranowo

RMOLJateng. Maraknya pemberitaan mengenai Keraton Agung Sejagat menjadi perhatian masyarakat luas.

Setelah diamankan oleh pihak kepolisian, bangunan Keraton Agung Sejagat dan batu prasasti yang diklaim sebagai pusat kekuasaan dunia itu kini ramai dikunjungi masyarakat.

Melihat hal itu, Gubernur Jawa Ganjar Pranowo saat meninjau ke lokasi memberikan pandangannya terkait potensi desa wisata yang menarik.

Ganjar mengatakan, baiknya eks Keraton Agung Sejagat itu dijadikan lokasi wisata. Terlebih lokasinya sangat menarik bagi pariwisata.

"Nanti dibangun bagus, ada singgasana, kolam, pendopo dan istana. Terus jadi desa wisata. Setiap bulan atau tahun bikin event. Kan banyak kuliner dan keseniannya, kan sayang kalau ditiadakan kan sudah terkenal desa ini. Sudah ramai banget," katanya, Selasa (21/1).

Sejak awal santernya kabar mengenai Kirab yang melibatkan segenap anggota Keraton Agung Sejagat, Ganjar menilai bahwa kegiatan tersebut hanyalah sebatas festival belaka.

"Tidak seserius itu. Ini keraton harus lucu. Masyarakat maunya lucu-lucuan kok. Tapi kalau mau dirikan kerajaan dan ingin jadi raja izin dulu. Boleh. Yang tidak boleh itu bohong-bohongan. Kalau ada situsnya, ada urut-urutannya malah kita dorong," katanya.

Di sisi lain, ramainya pemberitaan maupun upload-an tentang Keraton Agung Sejagat itu justru membawa berkah bagi pedagang-pedagang kaki lima.

Doni Yubhar, misalnya yang berjualan kudapan khas Purworejo, Geblek. Sudah lima hari ini dia berjualan bersama sang istri. Menurutnya hampir 24 jam dalam lima hari terakhir pasti ada pengunjung yang datang.

"Paling ramai hari Minggu kemarin, saya jualan seperti ini saja dapat uang hampir satu juta. Harapannya ya semoga pemerintah memutuskan yang terbaik saja lah. Bagus untuk wisata," katanya. [jie]





Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00