Harga Cabe Rawit Merah Meroket Di Tiga Pasar Tradisional Kota Magelang

Ekonomi  JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:49:00 WIB | LAPORAN:

Harga Cabe Rawit Merah Meroket Di Tiga Pasar Tradisional Kota Magelang
RMOLJateng. Harga cabe rawit merah yang dijual di 3 pasar tradisional di Kota Magelang yakni Pasar Rejowinangun, Pasar Kebonpolo dan Pasar Gotongroyong mengalami kenaikkan harga yang signifikan. Bahkan harga cabe rawit merah melambung hingga Rp65 ribu per kilogram di Pasar Rejowinangun, Jumat (17/1/2020).

Pedagang sayuran di Pasar Rejowinangun Kota Magelang Umi, mengatakan, harga cabe rawit merah naik luar biasa dari hari-hari biasanya.

"Hari ini harga cabe rawit mencapai Rp65 ribu per kilogram, dari harga normal Rp38 ribu per kilogram. Cabe rawit naik sangat cepat," tuturnya.

Ditanya soal sebab kenaikkan, Umi mengatakan perubahan cuaca yang membuat petani banyak yang gagal panen. Tanaman cabe yang terkena hujan lebat, kata dia, menjadi busuk dan tidak mau berbuah.

"Ya karena musim hujan ini, yang seharusnya pedagang mendapat setoran 20 kg sekarang jadi hanya 5 kg," jelasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang Catur Budi Fajar Sumarmo mengatakan,  kenaikkan harga cabe rawit merah yang terjadi di 3 pasar tradisional di Kota Magelang rata-rata disebabkan oleh cuaca yang sedang musim hujan.

Dirinya mengatakan, petani banyak yang mengalami gagal panen karena pohon cabe busuk.

"Setiap hari kami lakukan survey di 3 pasar, semua mengalami kenaikkan harga, jika dirata-rata dari 3 pasar tersebut kenaikannya sebesar 20 %," terangnya.

Adapun kenaikkan harga caberawit di masing-masing pasar yakni di Pasar Rejowinangun harga cabe rawit merah yang semula Rp50 ribu per kilogram naik menjadi Rp60 ribu per kilogram.

Lalu di Pasar Kebonpolo mengalami kenaikkan sebesar Rp12 ribu perkilo, dari Rp50 ribu naik menjadi Rp62 ribu per kilogram. Sedangkan di Pasar Gotongroyong harga caberawit merah naik dari Rp35 ribu menjadi Rp40 ribu per kilogram. [jie]






Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00