Pemkab Jepara Beri Tali Asih ke Penderita Hidrosefalus

Daerah  SELASA, 14 JANUARI 2020 , 14:00:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Pemkab Jepara Beri Tali Asih ke Penderita Hidrosefalus
RMOLJateng. Pemerintah Kabupaten Jepara memberikan bantuan tali asih terhadap penderita hidrosefalus hingga lumpuh. Bantuan berupa logistik dan pangan. Salah satunya terhadap Muhammad Raka Ardian, warga Desa Jebol, Kecamatan Mayong, Selasa (14/1).

Raka merupakan putra kedua Yuli Susanti yang berprofesi sebagai buruh pabrik garmen. Apalagi ia merupaka orang tua tunggal. Semenyara kakak dari Raka, Muhammad Rizki Andrian tumbuh dengan normal, dan duduk di kelas 1 di sebuah sekolah dasar.

"Semoga tetap sabar. Buat Raka semoga lekas sembuh. Kita sama-sama berdoa, ikhtiar dan berusaha semaksimal mungkin," tutur Plt Bupati Jepara Dian Kristiandi.

Bersama rombongannya, di antaranya Dinkes, Dinsospermasdes, Kesra Setda, PMI, dan Baznas, Plt. Bupati Jepara memberikan bantuan biaya pengobatan untuk bocah berusia 4 tahun tersebut. Selain itu, bantuan bahan pangan berupa beras dan mi instan juga turut diberikan.

"Meski tidak seberapa semoga bisa meringankan," imbuh Andi-sapaan akrab Dian.

Sementara itu, Sumari (55) nenek Raka menjelaskan, cucunya menderita penyakit pembesaran ukuran kepala sejak usia tiga bulan. Kondisi ekonomi keluarga yang pas-pasan, membuat bocah malang ini hanya pasrah dengan pengobatan dari pemerintah melalui BPJS Kesehatan.

Kepala Dinkes Jepara Mudrikatun didampingi bidan desa menyebut, berbagai fasilitasi dan pengobatan telah diberikan demi kesembuhan bocah malang ini. Di antaranya pengobatan rutin ke RSUP Dr. Kariadi Semarang, tiap 15 hari sekali.

Lebih lanjut, faktor terbesar penyebab hidrosefalus adalah kurangnya angka kecukupan gizi, selama seribu hari pertama kehidupan.

"Jadi memang pengelolaan seribu hari kelahiran ini sangat penting sekali," ungkap Ika. [jie]


Komentar Pembaca