Komisi IV DPRD Solo Sambangi Griya PMI Peduli

Dalami Pengelolaan dan Penanganan Lansia

Pemerintahan  SENIN, 06 JANUARI 2020 , 14:09:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Komisi IV DPRD Solo Sambangi Griya PMI Peduli

Putut Gunawan

RMOLJateng. Sukses menangani lansia dan orang terlantar, Komisi IV DPRD kunjungi  kunjungi Griya PMI Peduli di kawasan Mojosongo Solo.

Dimana Griya khusus yang menangani orang lanjut usia (Lansia) milik Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Solo ini penanganan yang dilakukan sangat bagus.
Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi IV DPRD kota Solo Putut Gunawan saat melakukan kunjungan bersama anggota Komisi IV lainnya di Griya PMI Solo.

Kedepannya problem pengelolaan lansia di masyarakat akan semakin rumit karena sekarang banyak temuan kasus lansia yang ditelantarkan oleh keluarganya.
"Menangani masalah lansia sangat penting ada kecenderungan masyarakat sekarang ini menunjukkan gejala bahwa pasangan muda cenderung cepat keluar dari rumah, dan orang tua ditinggal. Dan mereka sibuk dan tidak lagi bisa mengurusinya. Angka ini cukup tinggi," papar Putut kepada awak media, Senin (6/1) siang.

Menurut Putut pengembangan pengelolaan penanganan lansia dan  anak terlantar yang dilakukan di Griya PMI Peduli sangat bagus. Dengan studi banding ini kedepannya pihaknya bisa sampaikan masukan ke Pemkot Solo untuk  bisa mengembangkan hal serupa untuk penanganan lansia.

"Kota Solo sudah memiliki Perda tentang Lansia dimana dalam salah satu pasalnya memandatkan agar pemerintah Kota Surakarta itu melindungi dan merawat kaum lansia yang terlantar. Dan dalah satunya bagaimana caranya ya kita belajar dengan berkunjung ke Griya PMI Peduli," papar Putut.

Pihaknya akan meminta kepada Pemkot Solo agar kedepannya bisa merintis secara bertahap dan sesuai dengan kemampuan  daerah supaya Pemkot Solo lebih memiliki kapasitas lebih besar untuk menampung dan merawat lansia terlantar di kemudian hari.

Kedepannya pihaknya ingin memperkokoh Perda Lansia tentang perawatan lansia dan anak terlantar. Dan wacanakan mandat Perda tentang lansia dalam hal perlindungan bagi lansia terlantar untuk bisa mendapatkan perhatian lebih dari Pemkot solo dalam bentuk apapun.

Meski saat ini Pemkot sendiri juga memiliki panti Jompo. Namun selama ini masih dinilai kurang menunjang dari sisi fasilitasnya, termasuk pelayanannya yang juga harus dikembangkan.[dit]



Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00