Dewan Pers Gembleng Kades Se-Pemalang

Daerah  SENIN, 30 DESEMBER 2019 , 09:32:00 WIB

Dewan Pers Gembleng Kades Se-Pemalang
RMOLJateng. Paguyuban Kepala Desa se-Kabupaten Pemalang menggelar seminar dan dialog yang bertema Diskusi Publik dan Sosialisasi Hukum Pers” di Hotel Regina Pemalang, Senin (30/12).

Dua pembicara dari Dewan Pers hadir untuk memberikan pemahaman mengenai UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang pers.

Ketua Paguyuban Kades Simongklang, Imam Wibowo memastikan, dua narasumber dari Pokja Hukum dan Pengaduan dari Dewan Pers, yaitu Rustam Fachri Mandayun dan Jayanto Arus Adi hadir dalam kegiatan ini.

Kegiatan ini diharapkan akan menjadikan pembekalan, pengetahuan dan ilmu baru dari ahlinya, yaitu orang yang ada di Dewan Pers itu sendiri. Karena peran dan tugas jurnalis itu sebenarnya seperti apa? Karena banyak teman-teman kades itu belum pada tahu bagaimana sebenarnya peran dan kinerja jurnalis,” kata Imam.

Ia menambahkan 211 kepala desa dipastikan ikut dalam seminar dan dialog tersebut.

Sementara Rustam Fachri mengatakan, pihaknya mendukung acara sepeti ini agar pejabat dan perangkat, khususnya di wilayah peran serta pers sesungguhnya. Misalkan cara menghadapi wartawan dan media yang harus dilayani.
 
Memang banyak pengaduan ke kami dari teman-teman Kades tentang adanya oknum-oknum mengaku wartawan dari berbagai media. Nah, yang disayangkan itu cara praktik oknum wartwan ini yang membuat resah, akhirnya menjadikan bingung para teman-teman kades,” kata Rustam, ahli pers dari Dewan Pers yang juga mantan wartawan senior Tempo ini.
 
Nara sumber lainnya, Jayanto Arus Adi, mengatakan, pihaknya akan lebih fokus pada peran kinerja kewartawanan.

Menurutnya, hukum pers dan etika jurnalistik akan dikupas dia bersama Rustam Fachri yang sama-sama aktif di Pokja Hukum Dewan Pers. [hen]

Komentar Pembaca
Pra Rekontruksi Perampokan di Kawasan Barito Semarang
Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

Bulan Keselamatan Untuk Para Pekerja

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 08:37:00

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

Penyuntikan Vaksin Tahap Dua

KAMIS, 28 JANUARI 2021 , 13:48:00