KPU Pilih Sepur Kluthuk Jaladara Sebagai Maskot Pilwakot Solo

Politik  SELASA, 24 DESEMBER 2019 , 09:17:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

KPU Pilih Sepur Kluthuk Jaladara Sebagai Maskot Pilwakot Solo
RMOLJateng. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta me-launching tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Surakarta 2020, Senin  (23/12) malam. 

Pilwalkot 2020 akan digelar 23 September. Dan KPU juga memperkenalkan maskot Pilwalkot yakni lokomotif sepur Kluthuk Jaladara.

Acara launching digelar didepan Loji Gandrung, rumah dinas Walikota Solo. Dalam launching ini, komisioner KPU Solo, Bawaslu, forum koordinasi pimpinan daerah (forkompimda) Kota Surakarta terlihat menaiki sepur  kluthuk Jaladara dari Stasiun Purwosari menuju rumah dinas wali kota Loji Gandrung.

Selanjutnya sosok Arjuna dalam dunia  pewayangan yang dikenal sangat jago memanah menembakkan busur anak panahnya untuk menandai launching tahapan pemilihan wali kota dan wakil wali kota Surakarta 2020.

Menurut Ketua KPU Surakarta Nurul Sutarti, pemilihan sepur kluthuk Jaladara memiliki filosofi tersendiri. Kereta selalu berjalan diatas relnya.

KPU juga akan bersikap sama bahwa dalam menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara Pilwalkot akan berjalan sesuai dengan relnya.

Dijelaskan Nurul dalam pewayangan Jaladara adalah nama dari kereta milik tokoh bernama Kresna yang digunakan saat perang melawan ketidakadilan.

"Harapannya dan harus kita junjung bersama bahwa KPU kota Surakarta adalah melaksanakan Pilwalkot 2020 harus dalam rel khususnya rel aturan yang ditetapkan," jelas Nurul dalam sambutannya, Senin (23/2019).   

Selain melaunching maskot Pilwalkot 2020 mendatang, KPU Surakarta juga mengusung tema Solo Bungah lan Mukti. Dimana tema tersebut memiliki makna seluruh masyarakat kota Solo bahagia dengan digelarnya Pilwalkot. Baik itu yang memilih maupun yang akan dipilih nantinya.

"Doa kita setelah terpilih dapat menjadikan masyarakat mukti atau sejahtera,” pungkasnya.  [jie]






Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00