Kodim Surakarta Gelar Lomba Jemparingan Tingkat Nasional

Daerah  MINGGU, 08 DESEMBER 2019 , 15:36:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Kodim Surakarta Gelar Lomba Jemparingan Tingkat Nasional
RMOLJateng. Kodim 0735/Surakarta bekerjasama dengan Padepokan Djemparingan Hardho Dedali mengadakan Dandim Cup Gladhen Ageng Jemparingan tingkat nasional.

Kegiatan ini diksanakan dalam rangka memperingati Hari Juang TNI AD tahun 2019 mengambil tema 'NKRI Harga Mati dan Persatukan Nusantara Melalui Budaya' di Benteng Vanstenburg Surakarta, Minggu (8/12).

Mereka berasal dari seluruh penjuru nusantara. Seperti Bali, Madura, Surabaya, Magetan, Solo Raya, Jogjakarta, Semarang dan Jawa Barat.

Dandim 0735/Surakarta Letkol inf Wiyata Sempana Aji sampaikan ajang perlombaan Jemparingan untuk meningkatkan mental spiritual dan melestarikan budaya.

"Even ini kami gelar dalam rangka Hari Juang TNI AD memberi apresiasi positif terhadap kegiatan Jemparingan yang mulai memasyarakat. Selain itu juga, mempererat tali silaturahmi antar pejemparing sehingga tercipta hubungan yang harmonis antar pejemparing Senusantara untuk turut ikut menjaga dan melestarikan budaya daerah," paparnya.

Olahraga Jemparingan ini juga sarat makna dan budaya. Berakar dari keterampilan memanah para prajurit kerajaan saat itu, lebih dikenal sebagai salah satu cabang olahraga menjadi sarana rekreasi serta memiliki sejumlah manfaat.

Diantaranya pembentukan karakter manusia karena butuh olah rasa dan olah batin.

Kepada seluruh peserta Dandim berpesan kepada peserta semuanya untuk selalu menjaga sportivitas dalam berlomba.

"Kami harap generasi muda ikut serta dalam proses pelestarian dan pewarisan bagian dari ini dapat terus berkelanjutan, yang harus terus diupayakan adalah bagaimana energi dan semangat ini tetap terjaga hidup dan berkembang dalam masyarakat kita,” tegasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00