Banyaknya Pernikahan Anak, Mbak Ita : Perlu Perhatian Orang Tua Dan Pendidikan Seks Sejak Dini

Nusantara  KAMIS, 05 DESEMBER 2019 , 12:48:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Banyaknya Pernikahan Anak, Mbak Ita : Perlu Perhatian Orang Tua Dan Pendidikan Seks Sejak Dini
RMOLJateng. Banyaknya jumlah pengajuan dispensasi pernikahan usia dini akibat hamil membuat Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu turut prihatin.

Menurutnya, banyak faktor yang menjadi penyebab pernikahan anak di Kota Semarang. Salah satunya adalah kurangnya perhatian orangtua terhadap anak-anak mereka.

"Kurangnya perhatian menjadi salah satu faktor penyebabnya. Anak cenderung mencari tahu hal-hal berbau seks sampai mencobanya. Akhirnya kebablasan," kata Mbak Ita, sapaan akrabnya, di Hotel MG Suites Semarang, Kamis (5/12).

Selain itu, Mbak Ita juga menyebutkan kemajuan teknologi sebagai faktor yang membuka ruang-ruang seks menjadi sangat lebar.

Dengan demikian, lanjutnya, anak semakin mudah mencari informasi tanpa didampingi orangtua. Inilah yang semakin membuat anak penasaran untuk mencobanya.

"Jaman sekarang, tinggal klik search, anak sudah dapat informasi. Tapi tidak didampingi dan akhirnya mencoba," imbuh dia.

Menurut Mbak Ita, pendidikan seks harus mulai diterapkan kepada anak. Bahkan, jika perlu sejak anak menginjak sekolah dasar sudah mendapat pemahaman mengenai seks.

"Orang tua sudah harus aktif memberikan pemahaman mengenai seks. Jangan anggap itu tabu, kita harus beritahu akibat-akibatnya apabila salah penerapan,' tambahnya.

Selain itu, Mbak Ita juga mengungkap adanya program Pemkot Semarang yakni Rumah Duta Revolusi Mental. Menurut dia, program tersebut dapat dimanfaatkan bagi orangtua dan anak untuk konseling dan memberikan pendidikan seks.

"Kita sudah punya. Mari dimanfaatkan secara baik supaya anak-anak mendapat kesempatan terhadap pendidikan seks, agar mereka tidak salah kaprah memahaminya," pungkas Mbak Ita.[jie]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00