Pemprov Jateng Lepas 376 Transmigran Ke Kalimantan Utara

Nusantara  RABU, 04 DESEMBER 2019 , 18:41:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Pemprov Jateng Lepas 376 Transmigran Ke Kalimantan Utara
RMOLJateng. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah kembali melepas 376 transmigran ke UPT Tanjung Buka SP 6B Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara.

Kepala Bidang Penempatan dan Transmigrasi Disnakertrans Jawa Tengah, Ahmad Aziz, mengatakan pemberangkatan tersebut sudah menjadi program pemerintah provinsi Jawa Tengah tahun ini.

Sepanjang Tahun 2019 ini, pihaknya telah melepas sedikitnya 243 KK untuk transmigrasi ke luar Jawa.

"Sebanyak 376 orang dari 110 kepala keluarga dilepas Pak Ganjar tadi siang. Mereka  mengikuti program transmigrasi ke Bulungan Kalimantan Utara," kata Ahmad, Rabu (4/12).

Ahmad menambahkan, pihaknya sangat bangga dengan banyaknya anak muda yang ikut dalam rombongan transmigran itu.

Menurutnya, anak-anak muda itu dapat menjadi motivator dan menelurkan banyak kreasi yang bermanfaat di lokasi tujuan.

"Ada yang sarjana pertanian. Ini akan sangat berguna di tempat tujuan nanti. Mereka bisa menularkan ilmunya sehingga bermanfaat bagi yang lain," katanya.

Salah satu transmigran, Rizaldi Ahmad, 23, dari Kabupaten Semarang. Bersama orang tuanya, sarjana pertanian Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini yakin bahwa transmigrasi membuat masa depannya lebih baik.

Dia mengaku akan menggunakan ilmu pengetahuannya dalam hal pertanian di Kalimantan. Ilmu yang diperoleh akan dimaksimalkan baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain agar sukses dalam bidang pertanian.

"Selama ini saya hanya dapat teori, bagaimana pengolahan lahan, penyaluran air, cara menjual hasil pertanian dan lain-lain. Meskipun belum praktik secara langsung, namun saya yakin ilmu saya akan bermanfaat," tegasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00