Angka Stunting Di Karanganyar Makin Menurun Tiga Tahun Terakhir

Kesehatan  RABU, 04 DESEMBER 2019 , 14:20:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

Angka Stunting Di Karanganyar Makin Menurun Tiga Tahun Terakhir
RMOLJateng. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Karanganyar, Cucuk Heru Kusumo menyebutkan angka kasus stunting (tumbuh kembang yang kurang) makin menurun dalam waktu tiga tahun terakhir.
 
Dimana pada tahun 2017 jumlah stunting di angka 22 persen dan ditahun 2018 mengalami penurunan di angka 13 persen dan ditahun  2019 berkurang lagi menjadi 7,6 persen.

"Pemerintah Kabupaten Karanganyar melalui Dinas Kesehatan rutin menggelar sosialisasi bahaya stunting kepada pelajar perempuan termasuk para ibu agar  memperhatikan asupan gizi pada anak yang dikandung. Agar kasus stunting bisa ditekan," paparnya Rabu (4/12). 

Selain itu, lanjut Cucuk Dinkes Karanganyar empat tahun terakhir  juga bekerja sama dengan RS Hasan Sadikin Bandung dengan melakukan pengecekan pada  bayi baru lahir untuk diketahui apakah berpotensi mengalami stunting dengan mengirimkan sample darahnya.

Namun Cucum juga mengakui, hal tersebut belum bisa dilakukan pada semua kelahiran. Selama ini baru mencapai 10 persen dari total kelahiran bayi di Karanganyar.

"Saat ini belum semuanya, baru di beberapa wilayah saja. Namun kedepannya diharapkan bisa mengcover semuanya," imbuh Cucuk.

Sebelumnya Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menyebut masalah stunting harus benar-benar diperhatikan. Khususnya bagi remaja putri dan juga ibu-ibu yang sedang mengalami masa kehamilan. 

Pemahaman ibu hamil dan pasangan muda juga remaja putri harus terus digiatkan.  Naskah asupan gizi  bagi bayi yang ada dalam kandungan sangatlah penting agar melahirkan generasi yang sehat dan berkualitas," pungkas Juliyatmono.  [jie]


Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00