BPBD Siapkan Rambu Jalur Evakuasi Di Lokasi Rawan Bencana

Daerah  RABU, 04 DESEMBER 2019 , 14:12:00 WIB | LAPORAN: DIAN TANTI BURHANI

BPBD Siapkan Rambu Jalur Evakuasi Di Lokasi Rawan Bencana
RMOLJateng. Sebanyak 165 rambu jalur evakuasi di pasang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karanganyar di 15 lokasi  rawan bencana di  wilayah Kabupaten karanganyar.

Rambu jalur evakuasi diantara dipasang di Dusun Menjing, Gumeng, Tengklik wilayah rawan longsor, dusun  Waru, Kragan, wilayah rawan banjir, sedangkan Mongkrang, Cetho dan Babar wilayah rawan kebakaran hutan, dan desa Ngringo sebagai tempat evakuasi bencana.

"Untuk pemasangan rambu tersebut sudah dilaksanakan sejak beberapa waktu lalu. Sebagian disiapkan sendiri, juga ada bantuan dari BPBD Provinsi dan BNPB," paparnya, Rabu (4/12) siang.

Selain itu BPBD Karanganyar sendiri juga mencatat ada 9 alat deteksi  bencana Early Warning Sistem (EWS) yang terpasang di sejumlah titik rawan mengalami kerusakan.

"Seperti 3 di  wilayah kecamatan Tawangmangu, 2 di Kerjo, 1 di Jenawi, 2 di kecamatan Matesih, dan 1 lagi  di kecamatan Karangpandan, yang rawan bencana longsor," ungkapnya lebih lanjut.

Untuk mengganti alat deteksi  yang rusak, pihaknya sudah mengajukan. Disamping itu terkait lokasi mana yang nantinya akan diganti masih menunggu koordinasi lebih lanjut dengan para tim. Pengecekan berkala tetap dilakukan oleh petugas.

"Pastinya prioritas diutamakan pada wilayah padat penduduk dan berpotensi tinggi terjadi bencana, tandasnya.

Pihaknya juga berpesan dengan peralihan musim kemarau ke penghujan, semua warga dan relawan diharapkan untuk meningkatkan kewaspadaan akan bencana puting beliung dan tanah longsor. Karena beberapa wilayah Karanganyar masuk dalam zona merah bencana longsor.

Satgas dan relawan BPBD harus selalu siaga akan potensi bencana alam yang terjadi. Saling berkoordinasi dan bekerja sama dalam mengatasi bencana yang terjadi,” tutupnya.[jie]

Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00