Bea Cukai Kudus Sita 20 Juta Batang Rokok Ilegal

Daerah  RABU, 04 DESEMBER 2019 , 12:32:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Bea Cukai Kudus Sita 20 Juta Batang Rokok Ilegal
RMOLJateng. Jajaran KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus berhasil menyita sekitar 20 juta batang rokok ilegal sejak Januari-awal Desember 2019.

Potensi kerugian negara akibat praktik terlarang ini mencapai Rp9,5 miliar.
Selama 11 bulan terakhir, Bea Cukai Kudus sudah melakukan 136 kali penindakan.

Hasilnya, sebanyak 19,9 juta batang rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) dan 116.532 batang rokok sigaret kretek tangan (SKT) tanpa dilekati pita cukai resmi yang disita petugas.

Selain itu juga turut disita 2.877.000 gram tembakau irisan (TIS). Nilai barang yang disita ditaksir mencapai Rp14,4 miliar.

"Hingga akhir tahun kemungkinan jumlah rokok ilegal yang disita lebih banyak lagi. Upaya penindakan akan lebih kita gencarkan karena rokok ilegal selain melanggar hukum juga berpotensi merugikan keuangan negara," kata Kepala Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi KPPBC Tipe Madya Cukai Kudus, Dwi Prasetyo Rini, Rabu (4/11).

Untuk mengelabui petugas, kata dia, para pelaku menggunakan beragam cara. Dari dua hasil penindakan terakhir di Kabupaten Jepara misalnya, mereka menggunakan rumah warga maupun mobil pribadi untuk aktivitas produksi hingga distribusi rokok bodong tersebut.

Untung saja, jajarannya mendapat informasi dari masyarakat sehingga praktik terlarang itu bisa diungkap.

"Kami mengapresiasi berbagai elemen masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam upaya pemberantasan rokok ilegal ini," tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca