Mantan Pegawai Perhutani Di Blora Terlibat Illegal Loging

Hukrim  SENIN, 02 DESEMBER 2019 , 15:22:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Mantan Pegawai Perhutani Di Blora Terlibat Illegal Loging
RMOLJateng. Seorang mantan pegawai Perhutani di Kabupaten Blora Jawa Tengah diamankan Satreskrim Polres Blora, Senin (2/12).

Pelaku diduga menjadi otak pencurian kayu jati yang terjadi di wilayah hutan Desa Cabak tepatnya di petak 7091 RPH Cabak, BKPH Cabak.

Pelaku bernama, Budiyono warga Desa Jiken Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Pelaku diamankan petugas bersama empat orang temannya masing-masing, Sento, Warga Desa Kedungprau Kecamatan Jiken, Heri warga Desa Singonegoro Kecamatan Jiken, Legiyono warga Desa Sumber Kabupaten Rembang dan Oktavian Bagus warga Desa Cabak Kecamatan Jiken.

Budiyono yang merupakan mantan mandor tebang di Perhutani KPH Cepu, Blora mengaku nekad melakukan pencurian kayu jati untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Gajinya sebagai pegawai Perhutani tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan istri dan dua orang anaknya.

"Saya dulu sebagai mandor tebang dan Polter di sana. Tahun 2015 dipecat karena terlibat pencurian kayu. Saya terpaksa nyuri kayu karena gaji dari Perhutani tidak cukup. Tahun itu gaji saya hanya sekitar Rp1,5 juta,” ucap Budiyono di hadapan petugas.

Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang mengatakan, kelima pelaku memiliki peran masing-masing dalam setiap menjalankan aksinya.

Dalam setiap beraksi pelaku memilih malam hari.

"Jadi kelima pelaku ini termasuk otaknya perannya beda-beda. Ada yang jadi mata-mata, pengambilan kayu dan sopir truk. Ini masih ada 4 pelaku yang masih kita buru,” terangnya.

Selain mengamankan para pelaku, petugas juga berhasil mengamankan enam glondong kayu jati berdiamater 40 cm persegi dan satu buah mata gergaji mesin.

Atas perbuatan para pelaku terancam undang-undang kehutanan ancaman maksimal 5 tahun penjara. [hen]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00