Simulasi Quick Respon Laka Lantas Untuk Tekan Fatalitas Di Ruas Jalan Tol

Nusantara  SELASA, 26 NOVEMBER 2019 , 17:08:00 WIB | LAPORAN: IMAM RAHMAYADI

Simulasi Quick Respon Laka Lantas Untuk Tekan Fatalitas Di Ruas Jalan Tol
RMOLJateng. Untuk memperkuat stakeholder dalam rangka penanganan mitigasi kecelakaan di ruas jalan tol, Satuan lalu lintas (Satlantas) Polrestabes Semarang bersama instansi terkait melakukan simulasi quick respon di depan gate tol Muktiharjo Semarang, Selasa (26/11/2019).

Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Yuswanto Ardi mengatakan, dalam simulasi quick respon ini diharapkan para anggota stakeholder ini saling mengenal antar personil yang bertujuan untuk mempermudah koordinasi. Selanjutnya adalah menginvetarisaai peralatan.

"Ini yang paling penting adalah mengenal peralatan dan menguasai detail penguasaan dan penggunaan alat tersebut. Jangan sampai alat komplit, tapi tidak mengetahui fungsinya," ungkap Yuswanto Ardi.

Yuswanto menyebut, yang tidak kalah pentingnya dalam penanganan quick respon laka lantas di ruas tol adalah  menyepakati pola koordinasi di lapangan. Apa, siapa dan berbuat apa harus jelas dan tidak tumpang tindih.

"Jika pola koordinasi di lapangan tidak tumpang tindih diharapkan kecepatan penanganan nantinya bisa menekan fatalitas laka lantas," imbuhnya.

Simulasi quick respon ini selain diikuti anggota Satlantas Polrestabes Semarang juga diikuti oleh PT Jasa Rahaja, Basarnas, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Ambulan Hebat, dan RS Colombia Semarang.

Sementara Itu dari data unit laka Satlantas Polrestabes Semarang diketahui bahwa selama tahun 2019 hingga tanggal 25 November kejadian laka lantas mencapai 1233 kejadian dengan korban meninggal dunia mencapai 172 orang. [jie]







Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang