KM Cahaya Nusantara Meledak, 2 ABK Terluka

Peristiwa  KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 20:00:00 WIB | LAPORAN: IMAM RAHMAYADI

KM Cahaya Nusantara Meledak, 2 ABK Terluka
RMOLJateng. Kapal Motor Cahaya Nusantara tujuan Ketapang, Kalimantan yang memuat ratusan gas elpiji. sembako dan kasur terbakar di dermaga depan Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas I Tanjung Emas Semarang, Kamis (21/11) sekira pukul 13.30.

Beberapa sepeda motor dan sebuah kapal milik Basarnas ikut terkena api dalam peristiwa ini. Sementara  dua orang ABK mengalami luka.

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang AKP Samsu Wirman mengatakan, kebakaran ini diduga berasal dari ruang dapur yang berada di bawah kapal. Namun untuk kepastianya menunggu olah TKP dari Inafis Polrestabes Semarang.

"Dugaan awal dari ruang dapur bagian bawah dapur. Ada suara ledakan berasal dari muatan kapal berupa gas elpiji," ungkap AKP Samsu Wirman saat berada di lokasi.

Semetara Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Pelabuhan kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid saat dikonfirmasi juga menyebut, sebelum terbakar ada suara ledakan dari arah kapal.

"Kebetulan sebagian ABK kapal ada yang mengikuti pelatihan keselamatan pelayaran. Kita langsung bersama sama menjauhkan kapan lain agar api tidak menjalar," ungkap Ahmad Wahid.

Dari informasi di lapangan menyebutkan bahwa rencananya besok KM Cahaya Nusantara ini akan bertolak menuju Ketapang, Kalimantan. Sedang akibat kebakaran tersebut dua orang Anak Buah Kapal (ABK) mengalami luka dan cidera dan langsung dibawa ke rumah sakit. [hen]

Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00