Trans Semarang Buka Koridor VIII Rute Cangkiran-Simpanglima

Nusantara  KAMIS, 21 NOVEMBER 2019 , 11:10:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Trans Semarang Buka Koridor VIII Rute Cangkiran-Simpanglima
RMOLJateng. Trans Semarang akan membuka rute baru yakni koridor VIII dengan rute Cangkiran-Gunung Pati-Jalan Pemuda-Simpang Lima. Trans Semarang akan mengoperasionalkan 18 medium bus dengan operasional mulai pukul 05.30 sampai 17.45 WIB.

Pembukaan koridor VIII tersebut di sosialisasikan Kepala BLU Trans Semarang Ade Bakti Ariawan kepada jajaran perangkat pemerintahan yang akan dilewati bus Trans Semarang di Lembah Kalipancur, Kamis (21/11/2019).

"Di koridor VIII kita akan mengoperasionalkan 18 armada medium bus dengan 42 halte/shelter," ujar Ade.

Lebih lanjut Ade mengatakan, dari hasil kajian ada beberapa titik halte atau shelter yang harus dibangun susulan.

Dari sosialisasi yang dilakukan formal ini masih banyak masukan yang perlu dipertimbangkan.

Ade menjelaskan, pembukaan koridor VIII ini untuk pemerataan transportasi umum yang aman, nyaman dan murah.

"Mudah-mudahan dengan dibukanya koridor baru ini bisa membantu masyarakat dalam hal transportasi," tambahnya.

Sosialisasi Koridor VIII ini mendapatkan apresiasi luar biasa dari perangkat desa, sekolah dan instansi yang akan dilewati bus Trans Semarang.

"Saya sangat berterima kasih dan mengucapkan selamat atas pembukaan koridor VIII, karena harapan masyarakat untuk bisa menikmati transportasi yang aman, nyaman dan murah akan terwujud," ujar perwakilan dari LPMK Kecamatan Mijen.

Saat ini Trans Semarang telah memiliki 7 koridor, yakni Koridor 1 Mangkang-Penggaron, koridor 2 Ungaran-Padi Raya, Koridor 3 Pelabuhan-Elizabeth, Koridor 4 Terminal Cangkiran-Stasiun Tawang, Koridor 5 Meteseh-Marina, koridor 6 UNDIP-UNNES, dan koridor 7 Genuk-USM-Balaikota.

Ade menyebutkan jika Tarif Trans Semarang sesuai Perwal terbaru No 54 tahun 2019, telah menyertakan  khusus bagi Lanjut usia dan veteran.

"Berdasarkan atas Peraturan Walikota Semarang Nomor 54 Tahun 2019 tentang  Bus Rapid Transit Trans Semarang terdapat penambahan untuk  tarif lanjut usia dan veteran. Tarif Umum Rp. 3.500,- (tiga ribu lima ratus rupiah) sedangkan  Lanjut Usia,  Veteran,  Mahasiswa,  Pelajar,  Pengguna KIA  dan  Anak dibawah umur lima tahun sebesar Rp. 1.000,- (seribu rupiah). Sedangkan untuk  persyaratan lansia  dan  veteran,  syaratnya dapat menunjukkan KTP dengan usia minimal 60 tahun, dan untuk Veteran dapat menunjukkan Kartu Identitas Veteran,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut antara lain Kapolsek, Danramil, Babinsa dan  Babinkamtibmas yang wilayahnya  akan dilewati oleh Bus Trans Semarang Koridor VIII, LPMK kelurahan dan kecamatan, Kepala sekolah di jalur yang dilalui.

Unit Dikyasa Satlantas Polrestabes Semarang yang dipimpin oleh Kasubnit 1 Dikyasa Iptu Rina Roostyani berpesan agar Putra-putri yang masih bersekolah dan belum memiliki SIM jangan diperbolehkan membawa motor.

"Hal ini karena angka kecelakaan cenderung terjadi pada usia 17-35 tahun atau sering disebut generasi Milenia," tuturnya.

Adapun rute Trans Semarang Koridor VIII akan meliputi rute A Terminal Mangkang-Jl Warsito Sugiarto-Jl Raya Manyaran Gunungpati-Jl. Untung Suropati-Jl. Abdurrahman Saleh-Kalibanteng-Jl. Jend Sudirman-Jl Indraprasta-Pemuda Balaikota-Tugumuda-Jl. Pandanaran-Simpanglima-Pandanaran-Tugumuda-Soegijapranoto-Jl Jend Sudirman - Kalibanteng - Abdurrahman Saleh - Jl Untung Suropati - Jl Manyaran Gn Pati - Jl Warsito Sugiarto - Pertigaan Gn Pati Ungaran - Jl Raya Cangkiran Gn Pati - Terminal Cangkiran - Jl Raya Cangkiran Gn Pati - Pertigaan Gn Pati Ungaran - Jl Warsito Sugiarto - Terminal Gunung Pati. [jie]

Komentar Pembaca