Trans Semarang Kembali Gelar Sosialisasi Feeder IX Untuk Jangkau Perumahan

Nusantara  RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 15:40:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Trans Semarang Kembali Gelar Sosialisasi Feeder IX Untuk Jangkau Perumahan
RMOLJateng.  Trans Semarang melakukan Sosialisasi feeder IX dengan rute Ngaliyan-PRPP di Hotel Puri Garden, Rabu  (20/11).

Kepala Badan Layanan Umum Unit Pelaksana Teknis Dinas Trans Semarang Ade Bhakti Ariawan, menjelaskan jika banyak wilayah perkampungan maupun perumahan yang tidak bisa dilalui Bus Trans Semarang sehingga mengembangkan feeder yakni kendaraan  ELF long chasis.

"Untuk feeder IX ini kami siap mengoperasionalkan 24 unit armada long chasis atau long ELF karena bisa menjangkau perumahan dan perkampungan dengan jalan yang relatif sempit," ungkapnya.

"Dan dari hasil kajian ada beberapa titik halte atau shelter feeder yang harus kami bangun. Dari sosialisasi yang kita lakukan formal ini masih banyak masukan yang perlu dipertimbangkan," ujar Ade.

Ade menjelaskan untuk feeder IX rute Ngaliyan-PRPP ini, telah disiapkan 17 halte feeder  permanen dan 33 masih berupa rambu.

Ade menjelaskan, feeder tersebut diharapkan bisa terkoneksi dengan masyarakat langsung. Artinya, warga keluar rumah bisa langsung naik transportasi umum dan turun di tempat tujuan dengan satu kali bayar.

Saat ini Trans Semarang telah memiliki 7 koridor, yakni Koridor 1 Mangkang-Penggaron, koridor 2 Ungaran-Padi Raya, Koridor 3 Pelabuhan-Elizabeth, Koridor 4 Terminal Cangkiran-Stasiun Tawang, Koridor 5 Meteseh-Marina, koridor 6 UNDIP-UNNES, dan koridor 7 Genuk-USM-Balaikota.

Ade menyebutkan jika Tarif Trans Semarang sesuai Perwal terbaru No 54 tahun 2019, telah menyertakan  khusus bagi Lanjut usia dan veteran.

"Berdasarkan Peraturan Walikota Semarang Nomor 54 Tahun 2019 tentang  Bus Rapid Transit Trans Semarang terdapat penambahan untuk  tarif lanjut usia dan veteran. Tarif Umum Rp. 3.500,- (tiga ribu lima ratus rupiah) sedangkan  Lanjut Usia,  Veteran,  Mahasiswa,  Pelajar,  Pengguna KIA  dan  Anak dibawah umur lima tahun sebesar Rp. 1.000,-," tambahnya.

Sedangkan untuk  persyaratan lansia  dan  veteran,  syaratnya dapat menunjukkan KTP dengan usia minimal 60 tahun dan untuk Veteran dapat menunjukkan Kartu Identitas Veteran.

Hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut antara lain Kapolsek, Danramil, Babinsa dan  Babinkamtibmas yang wilayahnya  akan dilewati oleh Feeder IX juga Organda Kota Semarang, LPMK kelurahan dan kecamatan.

Juga kepala sekolah di jalur yang dilalui, serta Sekretaris Komisi C DPRD Kota Semarang Danur Rispriyanto yang dalam sambutannya  meminta agar BLU UPTD Trans Semarang dapat melayani masyarakat dengan baik.

Dimulai dengan Kelengkapan Bus, Sumber Daya Manusia (SDM), dan kenyamanan menggunakan Transportasi Umum.

Ia mengungkapkan Trans Semarang dengan tarif yang murah dan menjangkau hingga ke pinggir kota, hendaknya dapat dimanfaatkan masyarakat. Tak lupa Danur mengajak masyarakat kota Semarang untuk #Ayonaikbus.

Adapun jam Feeder IX direncanakan mulai beroperasional pukul 05.30-17.45 WIB dengan rute feeder Rute A : Taman Jl. Panembahan Senopati-Jl. Prof. Dr. Hamka-Jl. Walisongo-Putar balik-Jl. Walisongo-Jl. Siliwangi-Jl. Alteri Yos Sudarso-Jl. Madukoro-Jl. Madukoro Raya-Jl. Bojong Salaman -Jl Simongan-Jalan Pamularsih-Jl. WR Supratman-Jl. Suratmo-Jl. Abdul Rahman Saleh-Jl. Muradi-Jl. Siliwangi-Jl. Gatot Subroto-Jl. Gatot Subroto-Jl. Srikaton Tgh-Jl. Raya klampisan-Jl. Honggowongso-Jl. Prof. Dr. Hamka-Taman Jl. Panembahan Senopati.

Rute B : Taman Jl. Panembahan Senopati-Jl. Prof. Dr. Hamka-Jl. Honggowongso-Jl. Raya Klampisan-Jl. Srikaton Tgh-Jl. Gatot Subroto-Jl. Gatot Subroto-Jl. Subali Raya-Bunderan Jl. Hanoman Raya-Bunderan Jl. Hanoman Raya-Jl. Siliwangi-Bunderan Kalibanteng-Jl. Siliwangi-Jl. Muradi-Jl. Abdu Rahman Saleh " Jl. Suratmo-Jl. WR Supratman-Jl. Pamularsih-Jl. Simongan-Jl. Basudewo-Jembatan Banjir Kanal Barat-Jl. Madukoro-Jl. Alteri Yos Sudarso-JL. Siliwangi-Jl. Gatot Subroto-Jl. Gatot Subroto-Jl. Srikaton Tengah-Jl. Raya Klampisan-Jl. Honggowongso-Jl. Prof. Dr. Hamka-Taman Jl. Panembahan Senopati. [jie]

Komentar Pembaca