Sebagai Kota Sehat, Hendi Kembali Terima Penghargaan

Pemerintahan  RABU, 20 NOVEMBER 2019 , 07:46:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Sebagai Kota Sehat, Hendi Kembali Terima Penghargaan
RMOLJateng. Tahun 2019 ini, Pemkot Semarang digelontor penghargaan dari pemerintah pusat, atas prestasi yang dicapainya.

Setelah beberapa pengharagaan diterima Wali Kota Semarang atas keberhasilan dalam memimpin Kota Semarang, Hendrar Prihadi kembali menerima penghargaan sebagai Kota Sehat predikat Swasti Saba Wistara.

Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kota sehat menurut Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.

Apresiasi pun diberikan kepada Kota Semarang pada kegiatan Penyerahan Anugerah Swasti Saba di Ruang Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Selasa (19/11).

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi hadir secara langsung mewakili masyarakat Kota Semarang menerima piagam apresiasi yang diberikan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian.

Usai seremonial penyerahan penghargaan, Wali Kota Semarang yang biasa akrab disapa Hendi tersebut menyampaikan rasa syukurnya atas perjuangan kota yang dipimpinnya dalam meningkatkan predikat kota sehat.

Pasalnya dalam dua kali ajang Swasti Saba, Kota Semarang baru meraih predikat Padapa dan Wiwerda. Baru tahun 2019 inilah Kota Semarang mendapat penghargaan Wistara.

"Alhamdulillah tahun ini ada progress pencapaian kesehatan di Kota Semarang. Kalau sebelumnya tahun 2015 mendapat kategori PADAPA, kemudian 2017 WIWERDA, tahun ini bisa meraih Swasti Saba Wistara yang merupakan penghargaan tertinggi dari pelaksanaan konsep Kota/ Kabupaten Sehat,” ujar Hendi.

Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada Kabupaten dan Kota dalam menerapkan tatanan Kawasan sehat.

Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan, dari yang terendah yaitu Padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara.

Adapun Kota Semarang meraih penghargaan Swastisaba Wistara karena dinilai berhasil melaksanakan lima tatanan/kawasan sehat yaitu: kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Kawasan Pariwisata Sehat, Kehidupan Masyarakat yang Mandiri, Ketahanan Pangan dan Gizi, Kehidupan Sosial yang Sehat, serta Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi.

"Karena sudah bisa meraih Swasti Saba Wistara, maka harusnya komitmen sedulur-sedulur harus lebih tinggi lagi untuk bersama-sama menjaga Semarang sebagai kota yang bersih, nyaman dihuni dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat," harap Hendi.

Ditambahkannya, komitmen bersama itu dirasa penting karena keberhasilan Kota Semarang meraih kategori tertinggi Swastisaba Wistara adalah merupakan buah kerja bersama dan kolaborasi semua elemen masyarakat, termasuk Forum Kota Sehat dan PKK Kota Semarang.

"Dengan Konsep Bergerak Bersama, seluruh pihak mulai PKK, Forum Kota Sehat menjadikan penanganan kesehatan berjalan dengan baik, Waras Wargane, Sehat Kotane,” tegasnya.

Sebelumnya, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendapat pengakuan dalam upayanya mewujudkan Semarang Smart City beberapa tahun terakhir.

Hendi pun didapuk sebagai salah satu Pembina Pelayanan Publik terbaik oleh Kemen PAN-RB RI, serta dinobatkan sebagai yang terbaik oleh Kemenkominfo RI dalam kaitan pembangunan Smart Government.

Juga Kemendikbud RI yang  menyematkan Anugerah Ki Hajar kepada Wali Kota Semarang dan terakhir menerima penghargaan sebagai Kota Cerdas. [jie]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00