Setelah Lokalisasi Sunan Kuning, Kini Giliran GBL Ditutup

Nusantara  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 13:26:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Setelah Lokalisasi Sunan Kuning, Kini Giliran GBL Ditutup
RMOLJateng. Setelah berhasil menutup praktek prostitusi di lokalisasi Sunan Kuning, Pemkot Semarang dan Pemkab Kendal menutup lokalisasi GBL yang ada di perbatasan Kota Semarang dan Kabupaten Kendal.

Penutupan resmi dilakukan dalam ceremoni yang dilakukan di Lobby Terminal Mangkang Semarang, Selasa (19/11/2019).

Dalam penutupan yang dihadiri Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Bupati Kendal Mirna Anissa juga pemberian tali asih kepada WPS yang nilainya Rp 6 juta/WPS.

Untuk tali asih, ada perbedaan jumlah yang diterima wanita pekerja seks (WPS) GBL dengan Sunan Kuning. Karena untuk tali asih WPS GBL bersumber dari anggaran APBN lewat Kemensos.

Dalam sambutannya Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, penutupan lokalisasi GBL merupakan amanat dari Kementerian Sosial tentang penutupan lokalisasi di Indonesia.

"Sesuai dengan Keputusan Kementrian Sosial lokalisasi ini harus ditutup dan akan membangun tempat ini menjadi tempat yang produktif," ujar Mbak Ita panggilan akrabnya.

Senada dengan Mbak Ita, Bupati Kendal Mirna Anisa mengatakan pada tahun 2017 pemkab Kendal sudah mempunyai niatan mengajak masyarakat untuk hidup lebih baik.

"Program dari Kementrian Sosial adalah Indonesia bebas prostitusi. Untuk itu mari terus berjuang dan memperbaiki diri. Jadilah orang yang bermanfaat, selamat jalan dan selamat memperbaiki kualitas hidup," pesan Mirna.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial Kota Semarang Muthohar mengatakan besaran tali asih berbeda dengan WPS Sunan Kuning karena dana dari Kemensos.

"Untuk WPS GBL mendapatkan tali asih Rp 6 juta, dengan rincian Rp 5 juta modal usaha, Rp 250 ribu sebagai transport dan Rp 750 untuk jaminan hidup," ujarnya. [jie]

Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00