Siswa Lima Sekolah Unjuk Kebolehan di Wayang For Student 2019

Lifestyle  SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 13:04:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Siswa Lima Sekolah Unjuk Kebolehan di Wayang For Student 2019
RMOLJateng. Sekitar 100 siswa dari lima SMP dan SMA di Kota Semarang dan sekitarnya memeriahkan gelaran Wayang for Student 2019.

Gelaran di Kota Semarang sudah diadakan kelima kali. Executive Vice President CSR BCA, Inge Setiawati mengatakan, tahun ini dikreasikan dengan konsep berbeda.

Melihat animo lebih banyak sehingga disiapkan pementasan lebih besar,” ujarnya di Majapahit Convention, Selasa (19/11).

Dia menilai, generasi muda saat ini cenderung tumbuh dan berkembang dengan berbagai layanan digital dan pengaruh pop culture cukup masif.

Sementara budaya tradisional Indonesia perlahan dilupakan. Di sini para siswa yang mementaskan gelaran memiliki bakat dan minat di bidang seni tari, drama, suara dan musik.

Kami ingin memperkenalkan kesenian Indonesia kepada generasi muda melalui kegiatan yang menyenangkan dan edukatif seperti gelaran Wayang for Student,” paparnya.

Terkait pemilihan wayang, lanjut dia, telah menjadi salah satu dari delapan elemen budaya yang masuk Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak tahun 2003. Karakter pewayangan diharapkan dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Selain Semarang, even tersebut juga dilaksanakan di Bandung dan Jakarta. Sebelum pementasan digelar, terdapat program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan BCA bertujuan melahirkan generasi muda yang cinta budaya bangsa.

Kepala Dinas Pendidikan Prov Jawa Tengah, Jumeri menambahkan, kearifan lokal harus terus dikenalkan kepada generasi muda. Harapannya akan semakin dicintai dan tidak lupa terhadap akar budaya,” katanya. [hen]

Komentar Pembaca