Tingkat Serapan Lulusan SMK Kesehatan Capai 90%

Pendidikan  SABTU, 09 NOVEMBER 2019 , 13:58:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Tingkat Serapan Lulusan SMK Kesehatan Capai 90%
RMOLJateng. Tingkat penyerapan tenaga kerja lulusan SMK kesehatan terus meningkat. Data dari Persatuan SMK Kesehatan Indonesia (Persemki) tahun ini mencapai 90 persen. Meningkat 5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Dijelaskan Nano Priyanto, Sekjen Persemki, hal tersebut seiring dengan makin tingginya permintaan tenaga kesehatan di luar negeri.

"Permintaan tenaga kerja lulusan SMK kesehatan di luar negeri cukup tinggi, bisa dikatakan kekurangan. Kita kalah bersaing dengan Filipina, utamanya karena kendala penguasaan bahasa asing," tandas Nano, disela perhelatan HUT ke 4 Persemki yang dipusatkan di Solo, Sabtu (9/11).

Tingginya penyerapan lulusan SMK kesehatan juga diperkuat dengan Inpres nomor 9 tahun 2016, yang didalamnya memuat pemberian peluang kerja lulusan SMK kesehatan di rumah sakit pemerintah.

Ditambahkan Nano yang mewakili Ketua Umum Persemki, Singgih, saat ini Persemki yang beranggotakan 500 an SMK kesehatan seluruh Indonesia, baru ada 30 persen yang sudah melakukan kerjasama dengan luar negeri untuk penyerapan lulusan. Yakni kerjasama dengan negara Cina, Jepang, Singapura dan Jerman.

Untuk wilayah Soloraya, ada 20 sekolah SMK kesehatan dengan jumlah lulusan 2000 siswa/tahun.

Sejumlah upaya digenjot Persemki untuk meningkatkan kualitas sekolah dan lulusan. Diantaranya melakukan studi banding ke sekolah kesehatan di sejumlah negara. Juga memperluas kerjasama penyerapan lulusan ke luar negeri.

Momentum HUT Persemki juga dimanfaatkan sebagai ajang peningkatan kualitas sekolah dan lulusan SMK kesehatan.

Peringatan HUT ke 4 Persemki dipusatkan di Solo, dengan tiga lokasi kegiatan yakni di De Tjolomadu, Solo Square dan Universitas Duta Bangsa Solo.

"Sejumlah agenda kegiatan yang digelar antara lain lomba kompetensi siswa SMK kesehatan, pemilihan duta SMK kesehatan, kewirausahaan dan SMK Kesehatan mencari bakat," kata Sri Supriyati, ketua panitia HUT ke 4 Persemki (SMK Ngesti Widi Husada Kendal).

Diharapkan dengan momen ini, SMK kesehatan makin berkualitas dan siap mencetak tenaga profesional di bidang kesehatan, hingga mampu bersaing didunia internasional. [jie]



Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

Robot Ikut Wisuda Daring Di Undip Semarang

SELASA, 28 JULI 2020 , 15:37:00