Kadin Semarang Ajak Pelaku Usaha Rumah Tangga Melek Manajemen

Daerah  KAMIS, 17 OKTOBER 2019 , 15:16:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Kadin Semarang Ajak Pelaku Usaha Rumah Tangga Melek Manajemen
RMOLJateng. Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Semarang menggelar pelatihan terhadap sedikitnya 50 ibu-ibu PKK Kota Semarang.

Kegiatan ini dalam rangka meramaikan bulan Literasi Keuangan.

Pelatihan digelar di kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Semarang itu melibatkan Unika Soegijapranata untuk memberikan pelatihan mengenai manajemen usaha rumah tangga melalui permainan.

Koordinator acara, Hery Shenyo, mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam Bulan Literasi Keuangan yang dilaksanakan oleh Kadin Semarang.

"Dalam kegiatan ini kami bekerjasama dengan PKK Semarang, OJK, dan PT. Asuransi Axa Indonesia. Kami memang membidik pelaku usaha rumah tangga karena mereka merupakan embrio UKM yang berpotensi," kata Hery, Kamis (17/10).

Hery menilai terdapat tiga hal yang menjadi catatan pihaknya terkait usaha rumah tangga yakni pemasaran, manajemen dan permodalan.

Dia menyebutkan, bahwa yang cukup menjadi perhatian adalah persoalan manajemen dalam usaha.

Baginya, pelaku usaha harus mampu menerapkan manajemen secara baik agar usaha dapat berkembang.

"Dengan kemasan permainan monopoli, mereka dapat memahami langsung bagaimana penerapan manajemen internal. Mereka bisa tahu, mana keperluan untuk aset, atau mana keperluan karena konsumtif termasuk modal dan kekayaan," jelasnya.

Hery berharap melalui kegiatan ini, PKK dapat memberikan pengetahuan mereka kepada masyarakat secara lebih luas.

Dia ingin agar para pelaku usaha rumah tangga nantinya mendapatkan informasi yang baik melalui PKK.

"Sinergi ini juga dapat terus berjalan. Kami harap, setelah pelatihan ini ibu PKK bisa menularkan informasi tersebut kepada ibu rumah tangga atau pelaku usaha rumah tangga lainnya," pungkas dia. [hen]

Komentar Pembaca