Festival Hasil Pertanian, Tampilkan Produktivitas di Musim Kemarau

Daerah  SELASA, 15 OKTOBER 2019 , 14:44:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Festival Hasil Pertanian, Tampilkan Produktivitas di Musim Kemarau
RMOLJateng. Festival Hasil Pertanian Kabupaten Purbalingga 2019 baru saja diselenggarakan oleh Dinas Pertanian (Dinpertan) Purbalingga, Selasa (15/10) di alun-alun.

Festival ini merupakan salah satu ajang persaingan antar kecamatan untuk memamerkan hasil potensi pertaniannya.

Kepala Dinpertan Purbalingga, Mukodam SPt menyampaikan, festival ini terdiri dari gelar potensi produk pertanian dari masing-masing kecamatan. Meliputi lomba mengukir buah, lomba pisang dan penilaian stand peserta festival produk pertanian.

Disaat kita masih dilanda kekeringan , tapi Alhamdulillah semangat para petani dan insan-insan pertanian masih tetap terpelihara berkobar terbukti berbagai produk pertanian kita tetap tersedia secara cukup dengan keanekaragaman yang masih cukup pula,” katanya.

Aneka hasil pertanian yang terpajang di festival ini, mulai dari sayur-sayuran, palawija, buah-buahan/ hortikultura, pupuk organik, gula semut, produk hidroponik, tanaman hias, aneka kopi, peternakan kelinci dan lain sebagainya.

Selain itu juga memamerkan brigade yang terdiri dari berbagai Alat/Mesin Pertanian (Alsintan) mulai dari teknologi pengolahan lahan, teknologi tanam, teknologi panen, dan teknologi pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman (OPT).

Mukodam juga menyampaikan dalam mengahdapi musim kering berbagai bantuan yang telah diberikan Pemkab Purbalingga kepada kelompok tani maupun gapoktan. Diantaranya bibit, alat mesin pertanian, pembangunan jaringan irigasi dan embung, dam parit, pompanisasi serta stimulus BBM untuk pompanisasi khusus menghadapi musim kering untuk penyelamatan tanaman yang sudah ditanam atau standing crop dan bantuan lainnya,” katanya.

Tema pada penyelenggaran Festival Hasil Peertanian ini yakni Moderenisasi Perranian Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Daya Saing ProdukPertanian Serta Pendapatan dan Kesejahteraan Petani.

Festival ini diikuti seluruh kecamatan, dan diramaikan juga oleh Bulog Divre IV Banyumas, Komunitas Petani Kopi (Kompak), dan Pecinta Tanaman Hias. [hen]

Komentar Pembaca