Sering Banjir, Warga Desa Gesing Minta Kali Lereng Dikeruk

Daerah  SENIN, 14 OKTOBER 2019 , 12:47:00 WIB | LAPORAN:

Sering Banjir, Warga Desa Gesing Minta Kali Lereng Dikeruk
RMOLJateng. Kali (sungai) Lereng yang membentang di wilayah selatan Purworejo telah mengalami pendangkalan sangat parah. Sejak jaman dulu belum pernah sekalipun dikeruk dan dinormalisasikan sehingga menyebabkan banjir tahunan yang dampaknya meluas.

Berdasar keprihatinan tersebut, Komunitas Jaga Kali Nusantara mengajak masyarakat di bantaran Sungai Lereng, khususnya Desa Gesing, Kecamatan Purwodadi, untuk peduli lingkungan dengan cara menanam pohon dan menyebar benih ikan.
"Kegiatan ini juga dalam rangka mengajak masyarakat untuk mangayubagyo HUT TNI ke 74. Hari ini kami menanam dan menyerahkan 10.000 pohon albasiah, 25 pohon kanthil dan ribuan bibit ikan lele dan ikan nila," kata Pembina

Komunitas Jaga Kali, KH Muhammad S atau yang dikenal dengan nama Kiai Merah.
Camat Purwodadi, Heri Raharjo mengatakan bahwa pihaknya bersama 9 kades yang dilintasi oleh Kali Lereng telah mengajukan permohonan ke Kementrian PUPR  melalui Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) dengan tembusan ke Bupato Purworejo agar dilakukan normalisasi.

"Jangan sampai kalau saat musim hujan banjir, air melimpah, tetapi saat kemarau tidak ada airnya. Normalisasi dari Desa Jogoboyo hingga Desa Kentheng sekitar 10 KM," kata Heri Raharjo usai melakukan penanaman pohon simbolis.

Heri menambahkan, bahwa sudah tidak ada persoalan tanah karena program PTSL sudah selesai, ada data fix mana milik warga mana wilayah sungai. Sungai Lereng diharapkan menjadi penyangga program vital arah bandara.
"Banjir yang terjadi makin tahun makin parah. Karena kedangkalannya semakin bertambah. Sejak puluhan tahun lalu belum pernah dinormalisasi atau dikeruk.  Harapan kami dari pemerintahan segera dinormalisasi, idelanya menurut kami tiga meter kedalaman tiga meter, lebar sekitar 15-20 m," terang Kades Gesing, Landung.
Keinginan warga ada embung untuk menampung air yang bisa dimanfaatkan untul  pertanian, memaksimalkan resapan tanah. Setelah dinormalisasi, Kali Lereng juga akan dimanfaatkan sebagai tempat wisata dan olah raga dayung. [jie]


Komentar Pembaca
Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00

Alat Berat Eksplorasi Alam

Alat Berat Eksplorasi Alam

SABTU, 26 SEPTEMBER 2020 , 15:09:00