Kredit Macet Bank Jateng, Begini Tanggapan LP2K Semarang

Ekonomi  SELASA, 08 OKTOBER 2019 , 17:40:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Kredit Macet Bank Jateng, Begini Tanggapan LP2K Semarang

Ilustrasi/net

RMOLJateng. Menanggapi adanya kredit macet Bank Jateng cabang Jakarta, Lembaga Pembinaan dan Perlindungan Konsumen (LP2K) Jateng angkat bicara.

Ketua LP2K Semarang, Ngargono, menilai kredit macet di Bank Jateng tersebut berpotensi memberikan dampak kepada nasabah Bank Jateng lainnya.

"Kalau angkanya mencapai nyaris Rp 1 Triliun, memang perlu dikhawatirkan. Karena bisa berdampak kepada nasabah lainnya yang tertib," kata dia, Selasa (8/10).

Ngargono mengungkap, kredit macet tersebut bisa dikarenakan kurangnya kewaspadaan kinerja Bank Jateng saat menerima nasabah.

Menurut dia saat hendak menerima pengajuan kredit nasabah, petugas harus memeriksa secara teliti data nasabah. Kemudian adanya pertimbangan kebijakan dari Bank Jateng dan tahapan pengamanan.

"Pastinya juga banyak tahapan dan pertimbangan. Kemudian kan bisa dilihat kalau nasabah sudah mulai susah membayar, ada antisipasi harus bagaimana supaya tidak macet," terangnya.

Ngargono menegaskan perlu adanya peran pemerintah agar kejadian tersebut tidak berlarut-larut. Pasalnya, jika kondisi semakin parah akan menimbulkan ketidakpercayaan masyarakat terhadap bank.

"Dampaknya bukan hanya bagi Bank Jateng, tapi bisa menimbulkan ketidakpercayaan terhadap bank. Maka pemerintah perlu juga memikirkan," pungkas dia. [jie]





Komentar Pembaca