Akurasi Data Kemiskinan, Hendi Launching Aplikasi Sidaksos

Pemerintahan  SENIN, 07 OKTOBER 2019 , 11:15:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Akurasi Data Kemiskinan, Hendi Launching Aplikasi Sidaksos
RMOLJateng. Sebagai upaya konkrit mengentaskan kemiskinan secara riil dan tepat sasaran di Kota Semarang, Wali Kota Hendrar Prihadi meresmikan aplikasi Sistem Informasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (SIDAKSOS), Senin (7/10/2019).

Dalam launching Sidaksos, Hendi sapaan akrabnya didampingi Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu dan Ketua DPRD Kota Semarang Kadarlusman.

Dalam sambutannya Hendi menyatakan era digital saat ini, pemenang dalam kompetisi adalah organisasi yang memiliki data base, mampu menganalisa data kemudian mampu menyelesaikan masalah.

"Dengan Sidaksos ini, kita melalui Dinas Sosial akan memiliki data siapa-siapa warga Kota Semarang yang masuk kategori miskin, tidak hanya kategori miskin tapi namanya siapa, usia berapa, kemudian masuk dalam kelompok seperti apa,  kemudian problem solvingnya seperti apa," ujar Hendi.

Sehingga lanjut Hendi, penurunan angka kemiskinan yang mencapai 25 ribu orang itu akan kelihatan siapa saja dan kenapa bisa dientaskan.

"Untuk itu saya memberikan apresiasi dan selamat untuk kawan-kawan Dinas Sosial atas upaya pengentasan kemiskinan melalui aplikasi Sidaksos ini," tambahnya.

Dengan Sidaksos ini lanjut Hendi, angka kemiskinan di Kota Semarang akan menggunakan data, bukan asumsi-asumsi lagi.

"Kerja harus menggunakan data,  sehingga akan dengan cepat melakukan pergerakan dalam menyelesaikannya," tandasnya.

Dalam kesempatan yang sama Hendi menyatakan periode kepemimpinannya bersama Mbak Ita akan habis karena Pilwalkot akan dipercepat di tahun 2020 yang seharusnya Tahun 2021.

"Ini bukan bicara politik, tapi saya bicara semuanya harus bersungguh-sungguh dalam mengejar ketertinggalan kita atau melengkapi kelebihan kita menjadi kesempurnaan. Saya hanya berpesan, diakhir-akhir periode ini jangan ada gejolak di masyarakat. Melayani masyarakat dengan baik jangan ada pungli, yang selama ini sudah baik dipertahankan," pesannya.

Lebih lanjut Hendi juga meminta kepada aparat pemerintahan jika melihat kotoran supaya dibersihkan dan hal-hal yang terkait dengan wilayah untuk menjadi perhatian dan komunikasikan hal-hal kewilayahan dengan Kapolsek, Danramil dan lainnya.

"Issunya sampai tanggal 20 kita masih harus waspada dengan stabilitas politik, setelah itu Pak Jokowi dilantik kita buat Indonesia Maju Semarang Hebat," tandasnya. [jie]

Komentar Pembaca
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Foto: Taman Kota

Foto: Taman Kota

RABU, 16 SEPTEMBER 2020 , 14:52:00

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

Wisuda Drive Thru di UPGRIS Semarang

SABTU, 29 AGUSTUS 2020 , 12:14:00