Polres Blora Disambati Difabel Sulitnya Buat SIM D

Hukrim  RABU, 25 SEPTEMBER 2019 , 13:34:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Polres Blora Disambati Difabel Sulitnya Buat SIM D
RMOLJateng. Kepolisian Resor Blora menggelar tasyakuran peringatan Hari lalu lintas ke 64 di Pasar Sido Makmur Blora, Rabu (25/9).

Di sela acara, Kapolres Kapolres Blora, AKBP Antonius Anang disambati sulitnya proses pembuatan SIM D oleh sejumlah penyandang disabilitas yang ikut hadir dalam acara tersebut.


Salah satu penyandang disabilitas, Sriyono mengaku sudah sejak tahun 2018 mengajukan pembuatan SIM D ke Satlantas Polres Blora.

Namun karena adanya aturan yang menghambat, proses pembuatan sampai saati ini belum terlaksana.

"Kami disini hanya minta petunjuk, diberikan kemudahan untuk membuat SIM D. Kita sudah cukup lama mengajukan, namun seiring pergantian pimpinan, proses pembuatan semakin tidak jelas,” kata Sriyono.

Dia mengungkapkan, salah satu permasalahan yang dihadapi para penyandang disabilitas saat proses pembuatan SIM D yakni tidak munculnya soal di komputer.

"Dulu kita sudah pernah tes komputer, namun saat itu soal ujian untuk SIM D tidak muncul. Jadi kami minta agar soal ujian  SIM D bisa menggunakan SIM C. Itu sudah dilakukan di beberapa daerah, dan terbukti bisa,” ungkapnya.

Menanggapi keluhan itu, Kasatlantas AKP Edy Sutrisno berjanji akan mengkomunikasikan keinginan para difabel.

"Kita nanti komunikasikan dulu. Untuk yang memiliki tangan mungkin nanti kita akan lakukan tes komputernya dengan seperti SIM C. Tapi kalau yang tidak ada sidik jarinya, kita harus koordinasi dengan pusat dulu,” ujarnya.

Dia mengaku tidak akan mempersulit proses pembuatan SIM D jika itu dilakukan sesuai prosedur yang ada.

"Intinya kami terbuka. Kita tidak akan mempersulit temen-temen difabel untuk mendapatkan SIM D. Tapi ya itu, tetap sesuai prosedur,” tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Kerja Bakti Polisi Membersihkan Masjid Agung Demak
Protokol Kesehatan

Protokol Kesehatan

SENIN, 10 AGUSTUS 2020 , 11:43:00

Program Sehati Pertamina

Program Sehati Pertamina

KAMIS, 23 JULI 2020 , 14:27:00