Kemarau Panjang, Polisi Terus Intensifkan Patroli Hutan

Daerah  MINGGU, 08 SEPTEMBER 2019 , 17:28:00 WIB | LAPORAN: M PUTRA ANANDA

Kemarau Panjang, Polisi Terus Intensifkan Patroli Hutan
RMOLJateng. Untuk antisipasi kebakaran hutan dan lahan di musim kemarau yang panjang, Kepolisian Resor Blora terus gencar melakukan penyuluhan dan patroli hutan di wilayah kabupaten tersebut.

Kapolres Blora AKBP Antonius Anang, perintahkan kajarannya untuk melakukan kegiatan deteksi dini dan antisipasi. Mengingat sebagian besar wilayah Kabupaten Blora adalah hutan.

Seperti yang dilakukan jajaran Polsek Banjarejo pada Minggu (8/9), dipimpin langsung Kapolsek Banjarejo Iptu Tejo Utomo, petugas
menyusuri hutan di wilayah Dukuh Temanjang Desa Jatiklampok.

Kapolsek Iptu Tejo mengungkapkan, melaksanakan patroli hutan dengan tujuan mencegah pencurian kayu jati serta antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

"Kegiatan ini untuk memantau situasi hutan, dimana musim kemarau panjang, rawan akan kebakaran," ucap Tejo.

Dia membeberkan, sebagian besar penduduk di Banjarejo adalah petani dan ada beberapa yang bertani dengan memanfaatkan lahan perhutani. Penduduk membersihkan semak belukar sering dengan dibakar tanpa pengawasan. Pihaknya melakukan patroli menyasar wilayah hutan.

"Kadang ada yang membakar semak belukar, tanpa pengawasan dan hal itu sangat berbahaya, karena api dapat merembet dan membesar apalagi banyak daun jati kering berjatuhan dimusim kemarau," ungkapnya. [hen]



Komentar Pembaca