40 Hektar Lahan Pertanian Di Pati Terkena Puso

Daerah  KAMIS, 29 AGUSTUS 2019 , 16:35:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

40 Hektar Lahan Pertanian Di Pati Terkena Puso
RMOLJateng. Sebanyak 40 hektar lahan sawah di Desa Jambean Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati mengalami puso. Mereka pun mengalami kerugian hingga ratusan juta.

Oleh karenanya, para petani pun berharap dari Dinas Bina Marga Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral UPT Wilayah I Desa Hadipolo Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus untuk memberikan air dari bendungan Logung.

Salah satu petani Ramlan mengungkapkan, ada sebanyak 40 hektar lahan sawah milik petani yang mengalami puso. Sedangkan ada sekitar 100 hektar yang terancam mengalami puso.

Maka itu kami minta dari pihak dinas ini ada pengairan dari bendungan logung,” bebernya saat melakukan audiensi di dinas pengairan Kudus, Kamis (29/8).

Kata dia, saat ini kondisi harga gabah sedang mahal-mahalnya. Menurutnya per hektar harga gabah mencapai Rp 35 juta. Sementara kondisi 100 hektar tanaman padi milik petani justru mengalami ancaman serangan puso.

Kami akan perjuangkan untuk menyelamatkan 100 hektar ini. Kami harapkan ada pengairan dari bendungan logung,” harapnya.

Menanggapi hal itu, Dinas Pengairan Energi dan Sumber Daya Mineral UPT Wilayah I Desa Hadipolo, Kudus belum ada solusi yang tepat. Dari dinasnya akan kembali melakukan koordinasi kembali.

Terkait dengan permintaan para petani untuk pengairan air dari bendungan logung akan kami perhitungkan lagi. Kami akan kembali berkoordinasi lagi,” katanya. [jie]





Komentar Pembaca