Ingin Jadi Jubir Kemenlu? Datang Saja Ke Festival Diplomasi di Semarang

Nusantara  RABU, 28 AGUSTUS 2019 , 21:36:00 WIB | LAPORAN: BAKTI BUWONO

Ingin Jadi Jubir Kemenlu? Datang Saja Ke Festival Diplomasi di Semarang
RMOLJateng. Tertarik berkarier di kementrian luar negeri sembari dihibur Afgan dan Danila ?

Bagi warga Jawa Tengah, dalam waktu dekat, Kemenlu Republik Indonesia bakal menggelar Diplomacy Festival atau Diplofest di Semarang pada 29-30 Agustus 2019.

Hal itu dikatakan Direktur Informasi dan Media, Kemenlu RI Listiana Operananta di kantor Gubernur Jateng.

"Saya harap kegiatan ini bisa menginspirasi generasi muda Semarang, khususnya mahasiswa dan pelajar, untuk menjadi bagian dari Diplomasi Indonesia. Karena Diplomasi Indonesia adalah milik bersama," katanya, Rabu (28/8/2019).

Para mahasiswa dan pelajar bakal bisa belajar simulasi sidang internasional, memahamu tugas diplomat, kerja politik luar negeri RI, info berkarier di kemenlu hingga informasi kesempatan meraih beasiswa dalam dan luar negeri.

Kegiatan Diplofest dimulai 29 Agustus dengan kuliah umum di enam universitas di Semarang yaitu Unwahas, Unika Soegijapranata, Unnes, Unnisula, Unimus dan UKSW.

"Narasumber adalah pelaku diplomasi luar negeri kemenlu. Puncaknya adalah talkshow bersama Menlu RI, ibu Retno LP Marsudi di Auditorium Prof Sudharto Undip pada 30 Agustus 2019," tambahnya.

Azis Nurwahyudi, Direktur Diplomasi Publik Kemenlu RI, menambahkan festival diplomasi diselenggarakan pada 30 Agustus 2019 di lapangan Simpanglima Semarang.

Di sana, pengunjung bisa mengunjungi area edufair yang menghadirkan perwakilan kedutaan, konsulat dan institusi asing sebagai bagian dari friends of Indonesia.

Lalu pada Area Soft Skil, pelajar bisa ikut simulasi Sidang Dewan Keamanan PBB, bernegosiasi dengan negara lain dalam simulasi sidang bilateral hingga jadi kuru bicara.

"Ada yang perlu diketahui, berkarier di kemenlu tidak hanya dari jurusan Hubungan Internasional. Tetapi banyak jurusan lain, tahun lalu ada teknik juga," jelasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang