Puluhan Calon Kasek SD Di Purworejo Mengundurkan Diri

Daerah  JUM'AT, 16 AGUSTUS 2019 , 15:55:00 WIB | LAPORAN: MARNIE UTAMINING

Puluhan Calon Kasek SD Di Purworejo Mengundurkan Diri
RMOLJateng. Puluhan calon kepala sekolah SD di Kabupaten Purworejo mengundurkan diri.

Separuh lebih guru yan saya usulkan untuk mengisi rekrutmen kasek SD mengundurkan diri. Kebanyakan alasan mereka karena sakit," kata Kepala Disdikpora Purworejo, Sukmo Widhi.

Dia mengatakan, syarat untuk bisa menjadi kasek adalah minimal berpangkat paling rendah 3C, belum pernah dijatuhi hukuman, mada kerja minimal 8 tahun dan usia saat dilantik maksimal 56 tahun.

Kendala kami lainnya adalah jarang sekali guru ASN yang berpangkat golongan 3C, kebanyakan 3B. Usia mereka juga kebanyakan hampir mendekati pensiun," tambah Kabid SD Disdikpora, Sri Anteng, SPd, MM di kantor hari ini (16/8).

Sejak dibuka rekrutmen sebulan yang lalu hingga kini kuota 100 orang yang akan diseleksi menjadi Kasek SD belum juga terpenuhi.

Hari Minggu besok (18/8) para calon Kasek tersebut akan dites di LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) Prov Jateng di Semarang. Yang saya khawatirkan, banyak yang tidak datang karena tidak bersedia," lanjutnya.

Selain kekurangan kepala sekolah, kekurangan guru, guru olah raga dan guru Agama Islam untuk SD juga menjadi permasalahan serius di kabupaten ini. [hen]

Komentar Pembaca