Tim Pemeriksaan Hewan Qurban Temukan Cacing Hati Pada Sapi

Daerah  MINGGU, 11 AGUSTUS 2019 , 14:32:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Tim Pemeriksaan Hewan Qurban Temukan Cacing Hati Pada Sapi
RMOLJateng. Tim pemeriksaan hewan qurban Sukoharjo, menemukan cacing dalam hati sapi hewan qurban di sejumlah wilayah di Sukoharjo.

Terpantau sampai Minggu (11/8) siang ini sedikitnya ada 4 masjid dari 12 masjid yang sudah melapor, ada temuan cacing dalam hati sapi qurban.
 
Tim masih melakukan pemeriksaan disebar di beberapa wilayah, yang sudah melapor ada 4 lokasi masjid yang kedapatan ada temuan cacing dalam hati sapi. Kemungkinan data masih bertambah karena belum selesai,” kata drh Leni Sri Lestari, ketua Kepala UPTD Rumah potong dan kesehatan hewan Sukoharjo.
 
Leni mengatakan kalau temuan cacing dalam hati hanya satu atau sedikit masih bisa dikonsumsi dengan dibersihkan tuntas.

Namun kalau cacing dalam jumlah banyak dan membuat rongga rumah maka hati dilarang di konsumsi dan harus dibuang.
 
Pemkab Sukoharjo membentuk tim pemeriksa sebanyak 61 personil yang disebar di 12 kecamatan. Terdiri dari 30 petugas dari Dinas Pertanian Sukoharjo, 7 orang dokter hewan perhimpunan dokter hewan Indonesia dan 24 PPL yang ada di masing masing kecamatan.
 
Dari data dinas Pertanian, tahun 2018 jumlah hewan qurban terpantau sebanyak 6.468 ekor sapi dan 19.841 ekor kambing/domba. Tahun ini diperkirakan jumlah tersebut meningkat hingga 10%.
 
Pemotongan hewan masih berlangsung dua hari, kami harap masyarakat masih waspada. Jaga kebersihan dan teliti cek cacing atau tanda tidak wajar lainnya. Misalkan kita juga temukan hati dengan warna gosong kehitaman. Kalau sekira tidak wajar jangan dikonsumsi,” tandas Leni, saat melakukan pemantauan di Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo. [jie]



Komentar Pembaca