DPRD Jateng : Kebakaran Hutan Bisa Ditekan Jika Pemerintah Lancarkan Sosialisasi Ke Masyarakat

Peristiwa  SENIN, 08 JULI 2019 , 17:47:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

DPRD Jateng : Kebakaran Hutan Bisa Ditekan Jika Pemerintah Lancarkan Sosialisasi Ke Masyarakat

Foto/Gholib

RMOLJateng. DPRD Jawa Tengah menilai persoalan kebakaran hutan dapat diminimalisir jika sosialisasi Pemerintah terus dilakukan.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Jateng, Yudhi Sancoyo, mengatakan masyarakat memang perlu diberi pemahaman secara terus menerus mengenai bencana kebakaran hutan.

"Masyarakat perlu mengikuti informasi. Pemerintah perlu memberitahu berbahayanya kebakaran hutan. Bagaimana merusaknya kebakaran terhadap lingkungan," kata dia, Senin (8/7).

Lebih jauh, Yudhi menilai Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memiliki banyak sekali perlengkapan dan personil untuk mengajak masyarakat meminimalisir kebakaran hutan.

"Pemerintah pirantinya sangat lengkap, untuk persoalan kebakaran ada Dinas Kehutanan, Perhutani, Lingkungan hidup, Kepala desa, bahkan Perangkat desa. Jadi bisa mengabarkan setiap saat," tegas dia.

Di sisi lain, Yudhi mengimbau kepada masyarakat agar selalu patuh terhadap aturan dan arahan yang telah ditentukan oleh pemerintah.

Bagi dia, masyarakat juga menjadi benteng pertama untuk mencegah bahaya kebakaran hutan. Hal itu dia sampaikan setelah mendengar aspirasi dari masyarakat.

"Kalau bencana kebakaran hutan ini, masyarakat yang paling resah. Namun, masyarakat juga sering lupa. Kadang ada juga yang membakar lahan, biar cepat. Kalau bisa di musim kemarau seperti ini, hal itu dapat dihindari dulu," pungkasnya. [jie]





Komentar Pembaca
Fasilitas Umum Tandon Air

Fasilitas Umum Tandon Air

KAMIS, 04 JUNI 2020 , 16:42:00

Perjalanan Kereta Barang Dalam Kondisi Pandemi Covid-19
Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

Salat Jumat Jelang New Normal Di Semarang

JUM'AT, 29 MEI 2020 , 13:00:00