Ribuan Warga Kota Semarang Sholat Ied Di Balaikota

Daerah  RABU, 05 JUNI 2019 , 12:10:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Ribuan Warga Kota Semarang Sholat Ied Di Balaikota
RMOLJateng. Ribuan warga Kota Semarang Rabu (5/6) ke Balaikota Jalan Pemuda, Kota Semarang untuk menunaikan ibadah sunah sholat Idulfitri hari pertama.

Hadir dalam sholat Ied, berjamaah Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi beserta istri Krisseptiana Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Hevearita Gunaryanti Rahayu beserta suami Alwin Basri.

Selain itu, terlihat jajaran pimpinan atau kepala dinas seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Kota Semarang.

Bertindak sebagai khotib dan imam sholat Id, Dr. H. Imam Taufiq , M.Ag yang merupakan Guru Besar, Wakil Rektor II Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Kota Semarang.

Imam Taufiq yang juga merupakan Wakil Rois PWNU Jawa Tengah dan Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah Besongo Semarang ini menyampaikan ceramahnya berjudul; "Idul Fitri: Fitrah Kemenangan Untuk Persatuan dan Kebangsaan".

Dia mengungkapkan, Idulfitri merupakan momen istimewa yang disebut sebagai hari kemenangan umat, kembali kepada fitrah.

"Kata fitrah atau fitri berarti asal kejadian, bawaan sejak lahir ia adalah naluri. Fitri juga berarti suci karena kita dilahirkan dalam keadaan suci bebas dari dosa. Fitrah juga berarti agama karena keberagaman mengantarkan manusia mempertahankan kesuciannya," ungkapnya.

Dia juga membeberkan, bangsa ini telah selesaikan melakukan hajat besar yaitu pemilihan umun serentak, baik pemilu presiden maupun pemilu legislatif. Tentunya ada beberapa masalah yang tersisakan dari gawe besar itu.

"Pemilu telah menghadirkan polarisasi yang menguras energi dan emosi seluruh elemen masyarakat saling sindir hingga saling hujat terus mewarnai. Berita bohong atau hoaks, ujaran kebencian hingga intimidasi terus dikonsumsi masyarakat, yang pada akhirnya membentuk opini yang di diyakini," bebernya.

Dalam momen ini, dia mengharapkan ketegangan karena perbedaan pendapat dan kesalahan-pahaman dapat dirajut kembali. [hen]



Komentar Pembaca