Banjir Terjang Wilayah Pati, Ratusan Rumah Terendam

Peristiwa  RABU, 01 MEI 2019 , 14:36:00 WIB | LAPORAN:

Banjir Terjang Wilayah Pati, Ratusan Rumah Terendam
RMOLJateng. Masih tingginya curah hujan di wilayah Bumi Mina Tani, menyebabkan sejumlah desa terdampak banjir, Rabu (1/5).

Air luapan banjir tidak hanya merangsek ke permukiman warga, juga memandekkan aktifitas warga, mengingat jalan sebagai akses mobilitas turut terdampak.

Tercatat, ada sejumlah wilayah Kabupaten Pati terdampak bencana, di antaranya Desa Ketitangwetan (Kecamatan Batangan) sebanyak 70 rumah warga kebanjiran, akibat air kiriman dari Kecamatan Jaken. Kemudian, di Desa Margorejo (Kecamatan Wedarijaksa) juga terdampak akibat luapan Sungai Bapoh pada pukul 00.00 WIB. Sedangkan, di Desa Doropayung (Kecamatan Juwana) dengan ketinggian 20 cm.

Musibah ini juga terpantau di Jalur Pantura Pati-Juwana yang menyebabkan arus lalu lintas |sedikit tersendat.

Banjir juga melanda Desa Widorokandang (Kecamatan Pati Kota) akibat luapan sungai yang meluber ke jalan raya. Sementara di sekitaran PDAM Tirta Bening, air meluap ke jalan raya setinggi 30 cm.

Bencana banjir terparah, berada di Desa Ngurensiti (Kecamatan Wedarijaksa) dengan ketinggian air mencapai 70-80 cm dan menyebabkan lebih 500 rumah warga terdampak bencana.

Air mulai datang sekitar pukul 03.00 WIB, pas turun hujan deras. Kalau data pastinya belum, tapi lebih 500 rumah warga,” beber Ketua RT 07/RW 01 Desa Ngurensiti, Sumarto saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, limpahan air penyebab banjir berasal dari sebelah barat yang dimungkinkan dari daerah Kecamatan Tlogowungu dan mengalir melalui Sungai Jontro yang tidak mampu menampung tingginya debit air.

Pagi tadi kurag lebih 70 cm, ini sedikit menyusut sekitar 2 cm karena sudah siang,” paparnya.

Terpantau, seluruh lapisan masyarakat dari kanak-kanak hingga orang dewasa nampak berjaga, membersihkan, bahkan mengevakuasi sejumlah benda-benda berharga di dalam kediamannya masing-masing.

Ini menyelamatkan barang-barang berharga seperti elektronik dan lainnya. Ya, masih siaga, karena takutnya sungai meluap lagi karena ini masih mendung saja,” tandasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Anies Baswedan Positif Covid-19

Anies Baswedan Positif Covid-19

SELASA, 01 DESEMBER 2020 , 11:51:49

Copot Baliho Habib Rizieq Tak Berizin oleh Satpol PP Kota Semarang
PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

PROMO - UNDANGAN WEBINAR INTERNASIONAL

KAMIS, 19 NOVEMBER 2020 , 10:58:48

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

Arus Lalin Di Tol Kalikangkung Semarang

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 18:16:00

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

Tradisi Maulid Nabi Di Kaliwungu Kendal

RABU, 28 OKTOBER 2020 , 19:39:00

Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang