Berkas Caleg Gerindra Dinyatakan P21, Siap Disidangkan

Hukrim  SENIN, 29 APRIL 2019 , 14:07:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Berkas Caleg Gerindra Dinyatakan P21, Siap Disidangkan
RMOLJateng. Berkas perkara kasus pidana pemilu caleg legislatif (caleg) DPR RI daerah pemilihan V dari Partai Gerindra berinisial NR sudah lengkap dinyatakan P21.

Saat ini berkas sudah ditangan Kejaksaan Negeri Sukoharjo dan direncanakan akan mulai disidangkan tanggal 2 Mei 2019.

"Kasus NR dikenakan Pasal 521 Junto Pasal 280 ayat 1 poin h dan j, tidak boleh melaksanakan kampanye di tempat ibadah. Berkas sudah dinyatakan lengkap atau P21 dan kemarin kita limpahkan ke Kejaksaan Negeri Sukoharjo," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Senin (29/4).

Tersangka NR dianggap telah melakukan pelanggaran pemilu lantaran melakukan kampanye di tempat ibadah pada bulan Maret 2019. Hal tersebut diakui NR saat pemeriksaan di Mapolres Sukoharjo.

NR mengakui telah berkampanye di dalam Masjid Baitus Syukur di Desa Gonilan, Kartasura. Pengakuan tersangka dikuatkan dengan hasil lima saksi, baik saksi yang berada di dalam tempat ibadah, saksi di lingkungan tempat ibadah dan barang bukti berupa kalender kampanye.

"Terkait dugaan money politic, kepolisian belum menemukan unsur pelanggarannya," imbuhnya.

Terpisah, Kasi Pidana Umum Kejari Sukoharjo Rohmadi membenarkan sudah menerima berkas perkara kasus NR dari Polres Sukoharjo.

"Kami menerima pelimpahan berkas tahap dua kasus tersebut dan hari ini rencananya kita limpahkan ke Pengadilan Negeri Sukoharjo," katanya. [hen]

Komentar Pembaca
Penangkapan Tersangka Pengedar Uang Palsu Di Semarang
Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

Peluncuran UKMmu Oleh OJK Jateng

JUM'AT, 27 NOVEMBER 2020 , 18:31:00

Desakan #2021BalikJatidiri

Desakan #2021BalikJatidiri

SENIN, 21 DESEMBER 2020 , 11:00:00